Analisis Distribusi Frekuensi Nilai Matematika dari 25 Sisw

4
(276 votes)

Dalam artikel ini, kita akan menganalisis distribusi frekuensi dari nilai matematika yang diperoleh dari 25 siswa. Data yang diberikan dalam tabel berikut menunjukkan nilai dan frekuensi masing-masing nilai. Tabel Distribusi Frekuensi Nilai Matematika: \begin{tabular}{|c|c|} \hline Nilai & Frekuensi \\ \hline 3 & 3 \\ 4 & 5 \\ \hline 5 & 6 \\ \hline 6 & 8 \\ \hline 7 & 3 \\ \hline \end{tabular} Dalam tabel di atas, kita dapat melihat bahwa nilai 3 muncul sebanyak 3 kali, nilai 4 muncul sebanyak 5 kali, nilai 5 muncul sebanyak 6 kali, nilai 6 muncul sebanyak 8 kali, dan nilai 7 muncul sebanyak 3 kali. Dari distribusi frekuensi ini, kita dapat menghitung ragam (\(S^{2}\)) dari nilai-nilai ini. Ragam adalah ukuran variabilitas atau sebaran data. Untuk menghitung ragam, kita perlu mengikuti langkah-langkah berikut: 1. Hitung rata-rata (\(\bar{x}\)) dari nilai-nilai yang diberikan. Rata-rata dapat dihitung dengan menjumlahkan semua nilai dan membaginya dengan jumlah total nilai. 2. Hitung selisih antara setiap nilai dengan rata-rata (\(x - \bar{x}\)). 3. Kuadratkan selisih tersebut (\((x - \bar{x})^2\)). 4. Hitung jumlah dari semua kuadrat selisih (\(\sum (x - \bar{x})^2\)). 5. Bagi jumlah tersebut dengan jumlah total frekuensi (\(n\)). Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kita dapat menghitung ragam (\(S^{2}\)) dari distribusi frekuensi ini. Dalam artikel ini, kita akan menganalisis distribusi frekuensi nilai matematika dari 25 siswa berdasarkan tabel yang diberikan. Selain itu, kita juga akan menghitung ragam (\(S^{2}\)) dari distribusi frekuensi ini.