Pentingnya Pengamatan Organisme di Sungai untuk Pemahaman Ekosistem

4
(215 votes)

Pengamatan organisme di sungai merupakan kegiatan yang penting untuk memahami ekosistem sungai secara lebih mendalam. Melalui pengamatan ini, peserta didik dapat mencatat berbagai jenis organisme yang hidup di sekitar sungai dan menghitung populasi mereka. Dalam contoh kasus ini, peserta didik mencatat populasi beberapa organisme seperti ikan lele, kecebong, kepiting, ikan wader, ikan mujair, serangga air, keong mas, kangkung, eceng gondok, dan apu-apu. Dalam pengamatan tersebut, peserta didik mencatat jumlah populasi organisme yang hidup di sungai. Dalam hal ini, mereka mencatat bahwa populasi ikan lele berjumlah 7 ekor, kecebong 48 ekor, kepiting 13 ekor, ikan wader 46 ekor, ikan mujair 16 ekor, serangga air 54 ekor, keong mas 15 ekor, kangkung 15 batang, eceng gondok 25 batang, dan apu-apu 58 batang. Dalam menghitung populasi serangga air di sungai tersebut, kita perlu memperhatikan kedalaman sungai yang sekitar 1,5 meter, lebar rata-rata 3 meter, dan panjang 4 meter. Dengan menggunakan rumus luas persegi panjang (panjang x lebar), kita dapat menghitung luas sungai tersebut. Dalam hal ini, luas sungai adalah 1,5 meter x 3 meter = 4,5 meter persegi. Selanjutnya, kita dapat menghitung kepadatan populasi serangga air di sungai tersebut dengan membagi jumlah serangga air yang diamati (54 ekor) dengan luas sungai (4,5 meter persegi). Dalam hal ini, kepadatan populasi serangga air di sungai tersebut adalah 54 ekor / 4,5 meter persegi = 12 ekor per meter persegi. Dengan demikian, populasi serangga air di sungai tersebut adalah sekitar 12 ekor per meter persegi. Pengamatan ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang ekosistem sungai dan pentingnya menjaga keseimbangan populasi organisme di dalamnya. Dalam kesimpulan, pengamatan organisme di sungai merupakan kegiatan yang penting untuk memahami ekosistem sungai secara lebih mendalam. Melalui pengamatan ini, peserta didik dapat mencatat populasi organisme yang hidup di sekitar sungai dan menghitung kepadatan populasi mereka. Dalam contoh kasus ini, peserta didik mencatat populasi serangga air di sungai tersebut sekitar 12 ekor per meter persegi. Pengamatan ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang ekosistem sungai dan pentingnya menjaga keseimbangan populasi organisme di dalamnya.