Pemahaman Logika Matematika Menurut Jean Piaget** **
Pendahuluan: Pemahaman logika matematika merupakan aspek penting dalam perkembangan kognitif anak-anak. Jean Piaget, seorang psikolog perkembangan terkenal, mengemukakan teori mengenai tahapan perkembangan kognitif yang memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana anak-anak memahami konsep-konsep logis. Bagian Pertama: Menurut Piaget, anak-anak memasuki tahap operasional konkret pada usia sekitar 7 hingga 11 tahun. Pada tahap ini, mereka mulai mampu berpikir secara logis tentang objek dan situasi yang konkret. Mereka juga dapat melakukan operasi mental seperti penjumlahan dan pengurangan tanpa harus menggunakan benda nyata. Bagian Kedua: Piaget mengidentifikasi dua jenis pengetahuan logika: pengetahuan logika sering (frequent logic) dan pengetahuan logika eksperimental (experimental logic). Pengetahuan logika sering berkaitan dengan aturan-aturan yang selalu berlaku, sedangkan pengetahuan logika eksperimental didasarkan pada percobaan dan kesimpulan dari pengalaman. Bagian Ketiga: Pengajaran logika matematika menurut Piaget harus disesuaikan dengan tahap perkembangan siswa. Guru harus memberikan contoh-contoh konkret dan memungkinkan siswa untuk mengeksplorasi dan menemukan aturan-aturan sendiri. Hal ini akan membantu siswa memahami konsep-konsep log mendalam dan bermakna. Kesimpulan:** Pemahaman logika matematika menurut Jean Piaget menekankan pentingnya pendekatan yang sesuai dengan tahap perkembangan siswa. Dengan menggunakan metode yang tepat, guru dapat membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir logis yang kuat dan mendalam.