Pemanfaatan Konteinitivisme dalam Pengembangan Materi Ajar IPS

4
(240 votes)

Pendahuluan: Konteinitivisme adalah pendekatan dalam pendidikan yang menekankan pada pengembangan keterampilan kognitif dan sosial siswa. Dalam konteks IPS, pendekatan ini dapat membantu guru dalam mengembangkan materi ajar yang lebih menarik dan interaktif. Artikel ini akan menjelaskan bagaimana konteinitivisme dapat digunakan oleh guru IPS dalam mengembangkan materi ajar yang tidak hanya menggunakan pendekatan diskusi, tetapi juga menekankan pada aspek-aspek kognitif dalam mengembangkan keterampilan sosial. Bagian 1: Pengertian Konteinitivisme Konteinitivisme adalah pendekatan pendidikan yang menekankan pada pengembangan keterampilan kognitif dan sosial siswa. Dalam pendekatan ini, siswa diharapkan untuk memahami dan menerapkan konsep-konsep yang telah dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. Konteinitivisme juga menekankan pada pengembangan keterampilan sosial siswa, seperti kerja sama, komunikasi, dan pemecahan masalah. Bagian 2: Pemanfaatan Konteinitivisme dalam Pengembangan Materi Ajar IPS Dalam konteks IPS, konteinitivisme dapat digunakan oleh guru untuk mengembangkan materi ajar yang lebih menarik dan interaktif. Guru dapat menggunakan pendekatan ini dengan menggabungkan konsep-konsep IPS dengan kehidupan sehari-hari siswa. Misalnya, saat mengajarkan topik tentang iklim, guru dapat mengajak siswa untuk mempelajari bagaimana perubahan iklim mempengaruhi kehidupan sehari-hari mereka. Dalam hal ini, siswa dapat mengembangkan keterampilan kognitif mereka dengan memahami konsep iklim dan keterampilan sosial mereka dengan berdiskusi dan bekerja sama dalam kelompok. Bagian 3: Contoh Pemanfaatan Konteinitivisme dalam Pengembangan Materi Ajar IPS Contoh pemanfaatan konteinitivisme dalam pengembangan materi ajar IPS adalah melalui proyek berbasis masalah. Dalam proyek ini, siswa diharapkan untuk memahami konsep-konsep IPS dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari mereka. Misalnya, siswa dapat mempelajari tentang energi terbarukan dan kemudian mengembangkan proyek untuk menghasilkan energi terbarukan di sekolah mereka. Dalam hal ini, siswa dapat mengembangkan keterampilan kognitif mereka dengan memahami konsep energi terbarukan dan keterampilan sosial mereka dengan bekerja sama dalam tim dan berkomunikasi dengan orang lain. Bagian 4: Manfaat Pemanfaatan Konteinitivisme dalam Pengembangan Materi Ajar IPS Pemanfaatan konteinitivisme dalam pengembangan materi ajar IPS memiliki banyak manfaat. Pertama, pendekatan ini dapat membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan kognitif dan sosial mereka. Kedua, pendekatan ini dapat membuat materi ajar lebih menarik dan interaktif, sehingga siswa lebih tertarik untuk belajar. Ketiga, pendekatan ini dapat membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah mereka. Kesimpulan: Konteinitivisme adalah pendekatan pendidikan yang menekankan pada pengembangan keterampilan kognitif dan sosial siswa. Dalam konteks IPS, pendekatan ini dapat digunakan oleh guru untuk mengembangkan materi ajar yang lebih menarik dan interaktif. Dengan menggunakan pendekatan ini, siswa dapat mengembangkan keterampilan kognitif dan sosial mereka, serta lebih tertarik untuk belajar.