Peran Stakeholder dalam Penerapan Total Quality Management (TQM) di Pendidikan

4
(289 votes)

Pendahuluan: Peran stakeholder dalam penerapan Total Quality Management (TQM) di bidang pendidikan sangat penting untuk mencapai tujuan kualitas yang tinggi. Dalam penelitian ini, akan dijelaskan mengenai keterlibatan stakeholder dan dampaknya dalam proses TQM pendidikan. Bagian: ① Peran Sekolah: Sekolah sebagai stakeholder utama dalam proses TQM pendidikan memiliki peran dalam mengembangkan dan mengimplementasikan program TQM. Mereka harus melibatkan semua pihak terkait, memastikan kualitas pengajaran dan pembelajaran, serta mendorong partisipasi aktif dari siswa, guru, dan orang tua. ② Peran Guru: Guru sebagai stakeholder penting dalam proses TQM pendidikan memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan kualitas pengajaran. Mereka harus terlibat dalam pengembangan kurikulum yang sesuai dengan standar TQM, menggunakan metode pengajaran yang efektif, dan terus menerus melakukan refleksi dan perbaikan diri. ③ Peran Siswa: Siswa juga merupakan stakeholder yang penting dalam proses TQM pendidikan. Mereka harus aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran, memberikan masukan dan umpan balik kepada guru dan sekolah. Siswa juga harus bertanggung jawab atas keberhasilan belajar mereka sendiri dan berperan aktif dalam meningkatkan kualitas pendidikan. ④ Peran Orang Tua: Orang tua memiliki peran yang signifikan dalam proses TQM pendidikan. Mereka harus berkomunikasi dengan sekolah, mendukung pembelajaran anak-anak mereka di rumah, dan terlibat dalam kegiatan sekolah. Orang tua juga dapat memberikan masukan dan umpan balik kepada sekolah untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Kesimpulan: Keterlibatan stakeholder dalam proses TQM pendidikan sangat penting untuk mencapai tujuan kualitas yang tinggi. Dalam penelitian ini, telah dijelaskan mengenai peran sekolah, guru, siswa, dan orang tua dalam proses TQM pendidikan. Dengan keterlibatan dan partisipasi aktif dari semua pihak terkait, diharapkan kualitas pendidikan dapat terus meningkat.