Konferensi dan seminar nasional tentang transisi pendidikan anak usia dini melalui kemitraan rumah, sekolah, dan masyarakat
<br/ >Pada hari Kamis, 11 Juli 2024, Asosiasi Pendidikan Guru (APG) PAUD dan PG-PAUD FKIP Unram menyelenggarakan Konferensi dan Seminar Nasional bertema "Transisi Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Kemitraan Rumah, Sekolah, dan Masyarakat" di Hotel Aruna, Senggigi. Acara ini bertujuan untuk membahas pentingnya pendidikan anak usia dini dan peran masyarakat, orang tua, dan sekolah dalam perkembangan mereka. <br/ >Dalam sambutannya, Rektor Unram, Prof. In Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D, menyatakan bahwa anak usia dini adalah fase keemasan atau usia emas yang memiliki potensi yang masih harus dikembangkan. Ia menekankan bahwa pengetahuan dan pemahaman masyarakat, sekolah, dan orang tua dalam pola asuh terhadap anak sangat mempengaruhi perkembangan dan masa depan mereka. Rektor juga menekankan bahwa miskonsepsi terkait dengan cara mendidik anak masih terjadi dan bahwa perhatian bersama harus diberikan pada apa yang harus anak dapatkan untuk setiap tingkatan pendidikan. <br/ >Selain itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB, Dr.H. Aidy Furqan.Pd., menyampaikan pesan agar PG-PAUD FKIP Unram dapat meneruskan inovasi kualitas pendidikan dan menjalin kerja sama dengan berbagai pihak. Ia berharap agar PG-PAUD FKIP Unram dapat menjadi pusat pendidikan yang berkualitas dan menjadi contoh bagi lembaga pendidikan lainnya. <br/ >Selama konferensi dan seminar, para peserta mendiskusikan berbagai topik terkait dengan pendidikan anak usia dini, termasuk metode inovatif untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan peran masyarakat, orang tua, dan sekolah dalam mendukung perkembangan anak. Para peserta juga berbagi pengalaman dan praktik terbaik mereka dalam menciptakan lingkungan belajar yang positif dan inklusif untuk anak-anak. <br/ >Secara keseluruhan, Konferensi dan Seminar Nasional tentang Transisi Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Kemitraan Rumah, Sekolah, dan Masyarakat adalah acara yang sangat produktif dan bermakna yang membawa bersama para ahli, praktisi, dan pemangku kepentingan untuk membahas pentingnya pendidikan anak usia dini dan mencari cara untuk meningkatkan kualitas pendidikan bagi anak-anak di NTB.