Kelemahan dalam Penerapan Model Problem Based Learning oleh Bu Yani

4
(186 votes)

Pendahuluan: Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) telah menjadi pendekatan yang populer dalam dunia pendidikan. Namun, dalam penerapannya, beberapa kelemahan dapat terjadi. Artikel ini akan membahas empat kelemahan yang dilakukan oleh Bu Yani dalam penerapan model PBL dalam pembelajaran. Kelemahan Pertama: Kurangnya Pemahaman tentang Konsep PBL Salah satu kelemahan yang dilakukan oleh Bu Yani adalah kurangnya pemahaman tentang konsep PBL. PBL membutuhkan guru untuk menjadi fasilitator dan siswa untuk menjadi aktif dalam memecahkan masalah. Namun, Bu Yani mungkin tidak sepenuhnya memahami peran dan tanggung jawabnya dalam model ini, sehingga mengurangi efektivitas penerapannya. Kelemahan Kedua: Kurangnya Pengorganisasian Materi Pembelajaran PBL melibatkan penyusunan masalah yang relevan dengan konten pembelajaran. Namun, Bu Yani mungkin kurang terampil dalam mengorganisir materi pembelajaran yang sesuai dengan masalah yang diberikan. Hal ini dapat menyebabkan kebingungan dan ketidakjelasan bagi siswa, serta mengurangi efektivitas pembelajaran. Kelemahan Ketiga: Kurangnya Pengawasan dan Bimbingan Dalam model PBL, guru berperan sebagai fasilitator yang memberikan bimbingan kepada siswa dalam memecahkan masalah. Namun, Bu Yani mungkin kurang memberikan pengawasan dan bimbingan yang memadai kepada siswa. Hal ini dapat menyebabkan siswa merasa terlantar dan tidak mendapatkan arahan yang cukup, sehingga mengurangi efektivitas pembelajaran. Kelemahan Keempat: Kurangnya Evaluasi yang Komprehensif PBL membutuhkan evaluasi yang komprehensif untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran dan kemampuan mereka dalam memecahkan masalah. Namun, Bu Yani mungkin kurang melakukan evaluasi yang memadai, baik dalam bentuk formatif maupun sumatif. Hal ini dapat menghambat pemantauan kemajuan siswa dan mengurangi efektivitas pembelajaran. Kesimpulan: Dalam penerapan model Problem Based Learning, Bu Yani telah melakukan beberapa kelemahan yang dapat mengurangi efektivitas pembelajaran. Kurangnya pemahaman tentang konsep PBL, pengorganisasian materi pembelajaran yang kurang baik, kurangnya pengawasan dan bimbingan, serta kurangnya evaluasi yang komprehensif adalah beberapa kelemahan yang perlu diperhatikan dan diperbaiki. Dengan memperbaiki kelemahan-kelemahan ini, diharapkan penerapan model PBL dapat menjadi lebih efektif dan bermanfaat bagi siswa.