Pengalaman Belajar yang Tidak Menarik dan Tidak Berguna dalam Observasi Lingkungan Tempat Peserta Didik Belajar

4
(283 votes)

Selama menjalani kegiatan observasi terhadap lingkungan fisik tempat peserta didik belajar di sekolah mitra, saya sebagai mahasiswa PPG merasakan beberapa pengalaman belajar yang tidak menarik dan tidak berguna. Dalam artikel ini, saya akan berbagi pengalaman-pengalaman tersebut dan memberikan wawasan tentang bagaimana pengalaman belajar yang tidak efektif dapat mempengaruhi peserta didik. Pertama, salah satu pengalaman belajar yang tidak menarik adalah ketika peserta didik hanya diberikan materi pembelajaran secara monoton dan tidak interaktif. Dalam observasi saya, saya melihat beberapa guru hanya memberikan ceramah tanpa melibatkan peserta didik dalam proses pembelajaran. Hal ini membuat peserta didik merasa bosan dan tidak tertarik untuk belajar. Mereka hanya menjadi pendengar pasif dan tidak aktif dalam mengkonstruksi pengetahuan mereka sendiri. Dalam situasi ini, peserta didik tidak dapat mengembangkan keterampilan kritis dan kreatif mereka, yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Selain itu, penggunaan media pembelajaran yang tidak efektif juga menjadi pengalaman belajar yang tidak berguna. Beberapa guru menggunakan media pembelajaran yang tidak relevan dengan materi yang diajarkan atau tidak memadai untuk memfasilitasi pemahaman peserta didik. Misalnya, dalam observasi saya, saya melihat seorang guru menggunakan slide presentasi yang terlalu penuh dengan teks dan tidak ada gambar atau grafik yang membantu peserta didik memahami konsep yang diajarkan. Hal ini membuat peserta didik kesulitan untuk memahami materi dan menghubungkannya dengan dunia nyata. Selanjutnya, kurangnya penggunaan metode pembelajaran yang beragam juga menjadi pengalaman belajar yang tidak efektif. Dalam observasi saya, saya melihat beberapa guru hanya menggunakan metode ceramah sebagai satu-satunya metode pembelajaran. Hal ini membuat peserta didik kehilangan minat dan motivasi untuk belajar. Peserta didik memiliki gaya belajar yang berbeda-beda, dan penggunaan metode pembelajaran yang beragam dapat membantu mereka untuk lebih aktif dan terlibat dalam proses pembelajaran. Dalam kesimpulan, pengalaman belajar yang tidak menarik dan tidak berguna dalam observasi lingkungan tempat peserta didik belajar dapat mempengaruhi motivasi dan minat peserta didik dalam belajar. Penting bagi guru untuk menggunakan metode pembelajaran yang interaktif, media pembelajaran yang relevan, dan memfasilitasi peserta didik untuk mengembangkan keterampilan kritis dan kreatif mereka. Dengan demikian, peserta didik dapat memiliki pengalaman belajar yang lebih bermakna dan efektif.