Menuju Pembelajaran yang Berpusat pada Siswa: Strategi Penerapan Assessment as Learning di Perguruan Tinggi

4
(359 votes)

Pendidikan di abad ke-21 mengalami perubahan paradigma dari pendidikan yang berpusat pada guru ke pendidikan yang berpusat pada siswa. Dalam konteks ini, Assessment as Learning (AaL) muncul sebagai strategi penilaian yang efektif yang mempromosikan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Artikel ini akan menjelaskan apa itu pembelajaran yang berpusat pada siswa, bagaimana menerapkan AaL di perguruan tinggi, mengapa AaL penting dalam pembelajaran yang berpusat pada siswa, manfaat menerapkan AaL, dan tantangan dalam menerapkannya. <br/ > <br/ >#### Apa itu Pembelajaran yang Berpusat pada Siswa? <br/ >Pembelajaran yang berpusat pada siswa adalah pendekatan pendidikan di mana siswa memiliki peran aktif dalam proses belajar mereka sendiri. Bukan hanya menerima informasi secara pasif dari guru, siswa diberdayakan untuk mengeksplorasi, berinteraksi, dan membuat makna dari materi pelajaran. Pendekatan ini menghargai keunikan individu dan mengakui bahwa setiap siswa memiliki cara belajar yang berbeda. Dalam konteks ini, guru berfungsi sebagai fasilitator, membantu siswa dalam perjalanan belajar mereka dan memberikan dukungan ketika diperlukan. <br/ > <br/ >#### Bagaimana cara menerapkan Assessment as Learning di Perguruan Tinggi? <br/ >Assessment as Learning (AaL) adalah pendekatan penilaian di mana siswa diajarkan untuk menjadi penilai diri mereka sendiri dan belajar dari proses tersebut. Untuk menerapkan AaL di perguruan tinggi, beberapa strategi dapat digunakan. Pertama, siswa harus diberi kesempatan untuk merefleksikan pekerjaan mereka sendiri dan mengevaluasi kemajuan mereka. Kedua, siswa harus diberi umpan balik yang konstruktif dan berkelanjutan yang membantu mereka memahami kekuatan dan kelemahan mereka. Ketiga, siswa harus diberi kesempatan untuk menetapkan tujuan belajar mereka sendiri dan merencanakan langkah-langkah untuk mencapainya. <br/ > <br/ >#### Mengapa Assessment as Learning penting dalam Pembelajaran yang Berpusat pada Siswa? <br/ >Assessment as Learning (AaL) sangat penting dalam pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa karena mempromosikan refleksi diri dan otonomi belajar. Dengan AaL, siswa menjadi lebih bertanggung jawab atas proses belajar mereka sendiri. Mereka belajar untuk mengevaluasi kinerja mereka sendiri, mengidentifikasi area yang memerlukan perbaikan, dan merencanakan strategi untuk mencapai tujuan belajar mereka. Ini membantu mereka menjadi pembelajar yang lebih mandiri dan berdaya. <br/ > <br/ >#### Apa manfaat menerapkan Assessment as Learning di Perguruan Tinggi? <br/ >Menerapkan Assessment as Learning (AaL) di perguruan tinggi memiliki banyak manfaat. Pertama, AaL membantu siswa menjadi pembelajar yang lebih mandiri dan berdaya. Kedua, AaL mempromosikan pemahaman yang lebih dalam tentang materi pelajaran karena siswa terlibat secara aktif dalam proses belajar mereka sendiri. Ketiga, AaL membantu siswa mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan reflektif yang penting untuk sukses di abad ke-21. <br/ > <br/ >#### Apa tantangan dalam menerapkan Assessment as Learning di Perguruan Tinggi? <br/ >Menerapkan Assessment as Learning (AaL) di perguruan tinggi dapat menimbulkan beberapa tantangan. Salah satunya adalah perubahan paradigma dari pendidikan yang berpusat pada guru ke pendidikan yang berpusat pada siswa. Ini memerlukan perubahan dalam cara guru mengajar dan siswa belajar. Selain itu, AaL memerlukan siswa untuk memiliki tingkat otonomi dan kemandirian belajar yang tinggi, yang mungkin sulit bagi beberapa siswa. Akhirnya, menerapkan AaL secara efektif memerlukan umpan balik yang konstruktif dan berkelanjutan, yang dapat membebani guru. <br/ > <br/ >Pembelajaran yang berpusat pada siswa dan Assessment as Learning (AaL) adalah dua konsep yang saling melengkapi dalam pendidikan abad ke-21. AaL mempromosikan pembelajaran yang berpusat pada siswa dengan mendorong refleksi diri, otonomi belajar, dan tanggung jawab atas proses belajar sendiri. Meskipun ada tantangan dalam menerapkannya, manfaatnya dalam mempromosikan pembelajaran yang lebih dalam dan pengembangan keterampilan berpikir kritis dan reflektif membuatnya layak untuk diadopsi di perguruan tinggi.