Penguatan Positif dan Restitusi: Strategi Efektif untuk Mengelola Perilaku Kelas

4
(219 votes)

Penguatan positif dan restitusi adalah dua strategi yang sering digunakan oleh guru untuk mengelola perilaku kelas. Namun, meskipun strategi-strategi ini telah diterapkan secara luas, ada beberapa tantangan yang perlu diatasi agar dapat efektif. Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi dua tantangan utama dalam penerapan penguatan positif dan restitusi di kelas, serta memberikan wawasan tentang bagaimana mengatasi tantangan-tantangan tersebut. Tantangan Pertama: Penguatan Positif yang Tidak Spesifik Salah satu tantangan utama dalam penguatan positif adalah ketidakspesifikannya. Guru sering memberikan penguatan positif kepada siswa tanpa menjelaskan alasan di baliknya. Hal ini dapat membuat siswa bingung dan tidak memahami apa yang diharapkan dari mereka. Untuk mengatasi tantangan ini, guru perlu memberikan penguatan positif yang spesifik dan jelas. Misalnya, daripada hanya mengatakan "baik", guru dapat mengatakan "baik sekali, kamu bekerja keras" atau "terima kasih telah mengikuti instruksi dengan baik". Dengan memberikan penguatan positif yang spesifik, siswa akan lebih memahami apa yang diharapkan dari mereka dan lebih termotivasi untuk terus menunjukkan perilaku yang sesuai. Tantangan Kedua: Restitusi yang Kurang Dukungan Tantangan lainnya adalah dalam penerapan restitusi. Guru sering membantu siswa menyadari konsekuensi dari perilaku melanggar, namun kurang memberikan dukungan pada siswa dalam melakukan perbaikan perilaku mereka. Untuk mengatasi tantangan ini, guru perlu memberikan dukungan yang cukup kepada siswa dalam melakukan perbaikan perilaku mereka. Misalnya, guru dapat membantu siswa mengembangkan rencana tindakan untuk memperbaiki perilaku mereka atau memberikan sumber daya tambahan yang diperlukan. Dengan memberikan dukungan yang cukup, siswa akan lebih termotivasi untuk melakukan perbaikan dan menghindari perilaku melanggar di masa depan. Kesimpulan: Penguatan positif dan restitusi adalah strategi yang efektif untuk mengelola perilaku kelas. Namun, untuk mencapai efektivitas yang optimal, guru perlu mengatasi tantangan-tantangan yang terkait dengan penerapan strategi-strategi ini. Dengan memberikan penguatan positif yang spesifik dan dukungan yang cukup dalam restitusi, guru dapat membantu siswa memahami apa yang diharapkan dari mereka dan memperbaiki perilaku mereka. Dengan demikian, kelas akan menjadi lingkungan yang lebih positif dan kondusif bagi siswa untuk belajar dan berkemb