Pengalaman Belajar yang Tidak Menarik dan Tidak Berguna Selama Observasi di Sekolah Mitr
Selama menjalani kegiatan observasi di sekolah mitra, mahasiswa PPG sering kali mengalami pengalaman belajar yang tidak menarik dan tidak berguna. Hal ini dapat mempengaruhi motivasi dan minat mereka dalam mengembangkan keterampilan mengajar. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa pengalaman belajar yang sering kali dianggap tidak bermanfaat oleh mahasiswa PPG. Salah satu pengalaman belajar yang tidak menarik adalah ketika mahasiswa PPG hanya menjadi penonton pasif dalam proses pembelajaran di kelas. Mereka hanya duduk di belakang dan mengamati guru mengajar tanpa memiliki kesempatan untuk berpartisipasi aktif. Hal ini membuat mereka merasa tidak terlibat dan tidak memiliki kesempatan untuk mengembangkan keterampilan mengajar mereka. Selain itu, pengalaman belajar yang tidak berguna sering kali terjadi ketika mahasiswa PPG hanya diberikan tugas-tugas yang tidak relevan dengan tujuan pembelajaran mereka. Misalnya, mereka mungkin diminta untuk mengamati kegiatan administrasi sekolah atau mengisi formulir evaluasi yang tidak memberikan kontribusi nyata terhadap pengembangan keterampilan mengajar mereka. Hal ini membuat mereka merasa waktu dan energi mereka terbuang percuma. Pengalaman belajar yang tidak menarik dan tidak berguna juga dapat terjadi ketika mahasiswa PPG tidak mendapatkan umpan balik yang memadai dari guru pembimbing mereka. Umpan balik yang konstruktif dan terarah sangat penting dalam membantu mahasiswa PPG memperbaiki keterampilan mengajar mereka. Namun, jika guru pembimbing hanya memberikan umpan balik yang dangkal atau tidak memberikan umpan balik sama sekali, mahasiswa PPG akan kesulitan untuk melihat kemajuan mereka dan merasa tidak termotivasi untuk terus belajar. Dalam menghadapi pengalaman belajar yang tidak menarik dan tidak berguna ini, penting bagi mahasiswa PPG untuk tetap optimis dan mencari peluang untuk belajar dan berkembang. Mereka dapat mencoba berkomunikasi dengan guru pembimbing mereka untuk meminta umpan balik yang lebih konstruktif atau mencari kesempatan untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran di kelas. Selain itu, mereka juga dapat mencari sumber belajar tambahan di luar sekolah untuk memperkaya pengetahuan dan keterampilan mereka. Dalam kesimpulan, pengalaman belajar yang tidak menarik dan tidak berguna selama observasi di sekolah mitra dapat mempengaruhi motivasi dan minat mahasiswa PPG dalam mengembangkan keterampilan mengajar. Namun, dengan tetap optimis dan mencari peluang untuk belajar dan berkembang, mereka dapat mengatasi tantangan ini dan menjadi guru yang lebih baik di masa depan.