Proses Pengambilan Keputusan Konsumen: Tahapan dan Sumber Informasi

4
(308 votes)

<br/ > <br/ >Proses pengambilan keputusan konsumen dimulai dengan pengenalan kebutuhan yang memadai untuk mengaktifkan proses keputusan. Hal ini melibatkan persepsi atas perbedaan antara keadaan yang diinginkan dengan kondisi aktual. Ketika ketidaksesuaian melebihi tingkat tertentu, kebutuhan akan dikenali. Namun, jika ketidaksesuaian berada di bawah ambang tertentu, maka pengenalan kebutuhan tidak terjadi (Engel et al., 1994). <br/ > <br/ >Setelah mengenali suatu kebutuhan dan tergerak oleh suatu stimulus, tahap selanjutnya adalah pencarian informasi. Pencarian informasi ini dapat bersifat internal, yaitu pengetahuan yang tersimpan di dalam ingatan, atau eksternal, yaitu pemerolehan informasi dari lingkungan sekitar. Jika informasi yang didapat dari pencarian internal tidak memadai, konsumen akan melakukan pencarian eksternal. Pada tahap ini, sumber informasi utama yang dicari konsumen adalah pemasar. Sumber-sumber informasi konsumen dapat dikelompokan menjadi... <br/ > <br/ >(Disarankan untuk melanjutkan dengan penjelasan tentang sumber-sumber informasi konsumen sesuai dengan konteks artikel argumentatif yang diinginkan)