Pengalaman Belajar dalam Mata Kuliah Filosofi Pendidikan: Menarik, Berguna, dan Relevan bagi Calon Guru

3
(241 votes)

Pengantar Mata kuliah filosofi pendidikan merupakan salah satu mata kuliah yang penting bagi calon guru. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa akan mempelajari dasar-dasar pemikiran filosofis pendidikan Ki Hajar Dewantara, serta pentingnya pendidikan dalam membangun identitas bangsa Indonesia. Dalam artikel ini, saya akan berbagi pengalaman belajar saya dalam mata kuliah filosofi pendidikan, dengan fokus pada pengalaman yang berguna dan menarik, pengalaman yang berguna tetapi kurang menarik, pengalaman yang menarik tapi kurang berguna, dan pengalaman yang tidak menarik dan tidak berguna dalam konteks sebagai calon guru. Pengalaman Belajar yang Berguna dan Menarik Salah satu pengalaman belajar yang sangat berguna dan menarik bagi saya adalah mempelajari dasar-dasar pendidikan yang menuntun. Dalam pemahaman ini, saya belajar bahwa pendidikan haruslah menjadi panduan bagi individu dalam mencapai tujuan hidupnya. Konsep ini memberikan pemahaman yang mendalam tentang pentingnya pendidikan dalam membentuk karakter dan mengarahkan individu menuju kesuksesan. Pengalaman Belajar yang Berguna tetapi Kurang Menarik Pada pengalaman belajar yang berguna tetapi kurang menarik, saya merasa bahwa mempelajari sistem among dalam pendidikan merupakan hal yang penting namun kurang menarik. Sistem among mengajarkan tentang pentingnya kerjasama dan kebersamaan dalam proses pendidikan. Meskipun konsep ini sangat relevan dalam konteks pendidikan, namun cara penyampaiannya kurang menarik dan kurang memotivasi saya sebagai mahasiswa. Pengalaman Belajar yang Menarik tapi Kurang Berguna Dalam pengalaman belajar yang menarik tapi kurang berguna, saya merasa bahwa mempelajari kodrat alam dan kodrat zaman dalam pendidikan merupakan hal yang menarik namun kurang berguna dalam konteks sebagai calon guru. Konsep ini mengajarkan tentang pentingnya memahami dan mengikuti perkembangan alam dan zaman dalam proses pendidikan. Namun, dalam praktiknya, saya merasa bahwa konsep ini kurang relevan dan sulit untuk diimplementasikan dalam dunia nyata sebagai calon guru. Pengalaman Belajar yang Tidak Menarik dan Tidak Berguna Pada pengalaman belajar yang tidak menarik dan tidak berguna, saya merasa bahwa mempelajari identitas manusia Indonesia dalam konteks pendidikan tidak memberikan kontribusi yang signifikan bagi saya sebagai calon guru. Meskipun penting untuk memahami identitas bangsa dalam proses pendidikan, namun cara penyampaiannya kurang menarik dan tidak memberikan wawasan yang baru atau mencerahkan. Kesimpulan Dalam mata kuliah filosofi pendidikan, saya telah mengalami berbagai pengalaman belajar yang berbeda. Beberapa pengalaman belajar tersebut sangat berguna dan menarik, seperti mempelajari dasar-dasar pendidikan yang menuntun. Namun, ada juga pengalaman belajar yang berguna tetapi kurang menarik, seperti mempelajari sistem among. Selain itu, ada juga pengalaman belajar yang menarik tapi kurang berguna, seperti mempelajari kodrat alam dan kodrat zaman. Terakhir, ada juga pengalaman belajar yang tidak menarik dan tidak berguna, seperti mempelajari identitas manusia Indonesia. Sebagai calon guru, penting bagi saya untuk mengambil hikmah dan pembelajaran dari setiap pengalaman belajar ini, sehingga saya dapat menjadi guru yang lebih baik di masa depan.