Meningkatkan Layanan Pelanggan dengan Mengatasi Kritik dan Saran
Pendahuluan: Infrastruktur TI suatu perusahaan menyediakan fondasi untuk melayani pelanggan. Dalam hal ini, perusahaan berusaha untuk menampung semua kritik dan saran para pelanggan. Namun, apakah dengan merealisasikan semua kritik dan saran para user ini bisa betul-betul memberi efek positif kepada perusahaan? Bagian: ① Alasan Masalah Terjadi dan Solusi yang Diinginkan: Mengukur kelayakan spesifikasi dari layanan yang sudah ada untuk memenuhi kebutuhan dari masalah yang terjadi. ② Mengukur Kepuasan Pengguna: Menentukan standarisasi layanan yang ada dan mencari tahu kepuasan pengguna dari kritikan yang masuk. ③ Pengumpulan dan Analisis Data: Mengumpulkan data dengan melakukan pencarian di internet, mencatat semua informasi dengan format yang mudah dimengerti dan dibaca, serta menganalisis data yang telah dikumpulkan dengan membandingkan beberapa pilihan opsi. ④ Kesimpulan: Merangkum semua hasil analisis dalam satu halaman singkat yang mudah dipahami dan mengambil keputusan apakah dengan merealisasikan semua kritik dan saran para user ini bisa betul-betul memberi efek positif kepada perusahaan. Kesimpulan: Dengan menerapkan proses 7 langkah peningkatan, perusahaan dapat meningkatkan layanan pelanggan dengan mengatasi kritik dan saran yang diberikan oleh para pengguna.