Bagaimana Modul Ajar TK Kurikulum Merdeka Membangun Karakter Anak Usia Dini?

4
(209 votes)

Modul ajar Taman Kanak-kanak (TK) Kurikulum Merdeka dirancang dengan fokus utama pada pengembangan holistik anak usia dini, termasuk pembangunan karakter yang kuat. Modul ajar ini tidak hanya menitikberatkan pada aspek kognitif, tetapi juga mengintegrasikan nilai-nilai karakter dalam setiap aktivitas pembelajaran.

Mengintegrasikan Nilai-Nilai Karakter dalam Pembelajaran

Modul ajar TK Kurikulum Merdeka mengusung pendekatan pembelajaran yang berpusat pada anak. Melalui permainan, lagu, dan cerita, anak-anak dikenalkan dengan nilai-nilai karakter seperti religiusitas, kejujuran, disiplin, dan kepedulian. Pendekatan ini memungkinkan anak-anak untuk belajar dan menginternalisasi nilai-nilai karakter secara alami dan menyenangkan.

Peran Guru dalam Membangun Karakter Melalui Modul Ajar

Guru memiliki peran sentral dalam mengimplementasikan modul ajar dan membangun karakter anak. Guru tidak hanya sebagai penyampai materi, tetapi juga sebagai fasilitator dan teladan. Kemampuan guru dalam merancang kegiatan yang menarik dan interaktif akan mendorong anak untuk aktif belajar dan mengembangkan karakter positif.

Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Mengembangkan Karakter

Modul ajar TK Kurikulum Merdeka mendorong pembelajaran berbasis proyek yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Melalui proyek ini, anak-anak belajar bekerja sama, berkomunikasi, memecahkan masalah, dan bertanggung jawab. Pengalaman belajar yang otentik ini akan membentuk karakter anak menjadi pribadi yang mandiri, kreatif, dan berempati.

Peran Orang Tua dalam Mendukung Pembangunan Karakter

Keterlibatan orang tua sangat penting dalam mendukung pembangunan karakter anak. Modul ajar TK Kurikulum Merdeka menyediakan panduan bagi orang tua untuk melanjutkan pembelajaran di rumah. Kolaborasi yang erat antara guru dan orang tua akan menciptakan sinergi positif dalam membentuk karakter anak yang berakhlak mulia dan berbudi pekerti luhur.

Modul ajar TK Kurikulum Merdeka merupakan instrumen penting dalam membangun karakter anak usia dini. Pendekatan pembelajaran yang holistik, peran guru sebagai teladan, pembelajaran berbasis proyek, dan sinergi antara sekolah dan keluarga, menjadi kunci keberhasilan dalam membentuk generasi penerus bangsa yang berkarakter kuat dan berintegritas.