Perkembangan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dari PMP Tahun 1984 hingga PPKn 2013

4
(277 votes)

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) telah mengalami perkembangan yang signifikan sejak diperkenalkan pertama kali pada Program Muatan Pendidikan (PMP) tahun 1984. Dalam artikel ini, kita akan melihat perkembangan PPKn dari tahun 1984 hingga tahun 2013. Pada tahun 1984, PPKn diperkenalkan sebagai bagian dari PMP dengan tujuan untuk membentuk karakter dan kesadaran kewarganegaraan siswa. Pada saat itu, PPKn lebih fokus pada pengenalan nilai-nilai Pancasila dan konstitusi Indonesia. Materi yang diajarkan meliputi pengenalan dasar-dasar Pancasila, sejarah perjuangan bangsa, dan hak dan kewajiban sebagai warga negara. Pada tahun 1994, PPKn mengalami perubahan signifikan dengan diperkenalkannya Kurikulum 1994. Pada kurikulum ini, PPKn lebih ditekankan pada pengembangan sikap dan perilaku positif siswa. Materi yang diajarkan meliputi etika dan moral, demokrasi, hak asasi manusia, serta partisipasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Perkembangan berikutnya terjadi pada tahun 2006 dengan diperkenalkannya Kurikulum 2006. Pada kurikulum ini, PPKn lebih ditekankan pada pengembangan kompetensi sosial dan kewarganegaraan siswa. Materi yang diajarkan meliputi pengenalan sistem pemerintahan, kehidupan berdemokrasi, hak dan kewajiban sebagai warga negara, serta partisipasi dalam pembangunan nasional. Perkembangan terakhir terjadi pada tahun 2013 dengan diperkenalkannya Kurikulum 2013. Pada kurikulum ini, PPKn lebih ditekankan pada pengembangan karakter dan kepribadian siswa. Materi yang diajarkan meliputi pengenalan nilai-nilai Pancasila, kehidupan berbangsa dan bernegara, serta partisipasi dalam kehidupan masyarakat. Dalam perkembangan PPKn dari tahun 1984 hingga 2013, terlihat adanya pergeseran fokus dari pengenalan nilai-nilai Pancasila menjadi pengembangan sikap, kompetensi sosial, dan karakter siswa. Hal ini menunjukkan pentingnya pendidikan kewarganegaraan dalam membentuk generasi muda yang memiliki kesadaran dan tanggung jawab sebagai warga negara yang baik. Dalam kesimpulan, perkembangan PPKn dari PMP tahun 1984 hingga PPKn 2013 menunjukkan adanya perubahan fokus dalam pendidikan kewarganegaraan. Dari pengenalan nilai-nilai Pancasila hingga pengembangan karakter siswa, PPKn terus beradaptasi dengan kebutuhan zaman untuk membentuk generasi muda yang memiliki kesadaran dan tanggung jawab sebagai warga negara yang baik.