Pemahaman Tingkat Rendah dan Tingkat Tinggi dalam Pembelajaran Matematik

4
(285 votes)

Pendahuluan: Pemahaman dalam pembelajaran matematika dapat dibedakan menjadi pemahaman tingkat rendah dan tingkat tinggi. Pemahaman tingkat rendah melibatkan kegiatan mekanikal komputasional dan instrumental, sementara pemahaman tingkat tinggi melibatkan kegiatan rasional, fungsional, relasional, dan intuitif. Bagian: ① Pemahaman Tingkat Rendah: Pemahaman tingkat rendah melibatkan kegiatan mengingat dan hanya menghafal serta menerapkan rumus dalam perhitungan sederhana. Ini termasuk pemahaman mekanikal komputasional dan instrumental. ② Pemahaman Tingkat Tinggi: Pemahaman tingkat tinggi melibatkan kegiatan menghubungkan suatu konsep dengan konsep lainnya dalam permasalahan yang lebih luas, menyadari proses yang dikerjakan, dan membuat pembuktian dengan benar. Ini termasuk pemahaman rasional, fungsional, relasional, dan intuitif. Kesimpulan: Pemahaman tingkat rendah dan tingkat tinggi memiliki perbedaan dalam cara siswa memahami dan menerapkan konsep matematika. Penting bagi pendidik untuk memfasilitasi pemahaman tingkat tinggi melalui pendekatan pembelajaran yang tepat.