Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar

4
(227 votes)

Pendahuluan: Pengajaran yang efektif adalah kunci untuk mencapai hasil belajar yang optimal bagi siswa. Salah satu faktor penting yang mempengaruhi efektivitas pengajaran adalah keterampilan mengajar guru. Artikel ini akan membahas pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar siswa di sekolah dasar. Metode Penelitian: Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar siswa di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik survei. Responden dalam penelitian ini adalah guru dan siswa sekolah dasar. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang telah diuji kevalidasiannya. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi. Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada korelasi positif yang signifikan antara keterampilan mengajar guru dan hasil belajar siswa. Guru yang memiliki keterampilan mengajar yang baik cenderung menghasilkan siswa yang memiliki prestasi akademik yang lebih baik. Sebaliknya, guru yang kurang memiliki keterampilan mengajar cenderung menghasilkan siswa yang memiliki prestasi akademik yang kurang baik. Kesimpulan: Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa keterampilan mengajar guru mempengaruhi hasil belajar siswa di sekolah dasar. Guru yang memiliki keterampilan mengajar yang baik dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk meningkatkan keterampilan mengajar mereka agar dapat menghasilkan siswa yang memiliki prestasi akademik yang lebih baik. Selain itu, pemerintah dan lembaga pendidikan juga perlu memberikan dukungan dan pelatihan kepada guru agar mereka dapat meningkatkan keterampilan mengajar mereka.