Analisis Hubungan Antara Bullying dan Kepercayaan Diri pada Siswa Kelas XI di SMAN 1 Wungu
Analisis Data dalam penelitian ini terdiri dari dua jenis, yaitu analisis univariat dan bivariat. Analisis univariat digunakan untuk mendeskripsikan hubungan antara bullying dengan kepercayaan diri pada siswa kelas XI di SMAN 1 Wungu. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini dikategorikan berdasarkan umur, jenis kelamin, dan kelas. Hasil analisis univariat menunjukkan distribusi frekuensi data dalam penelitian ini. Data tersebut dikategorikan berdasarkan umur, jenis kelamin, dan kelas. Dari hasil analisis ini, dapat dilihat bahwa terdapat variasi dalam distribusi frekuensi data tersebut. Selain itu, analisis bivariat juga dilakukan dalam penelitian ini. Tujuan dari analisis bivariat adalah untuk mengetahui pengaruh dua variabel yang meliputi variabel bebas dan variabel terikat. Dalam hal ini, variabel bebasnya adalah bullying, sedangkan variabel terikatnya adalah kepercayaan diri pada siswa kelas XI di SMAN 1 Wungu. Analisis bivariat dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan uji Spearman Rank. Uji ini dipilih karena data yang digunakan mengandung unsur skala ordinal. Uji Spearman Rank digunakan untuk mengetahui hubungan antara bullying dan kepercayaan diri pada siswa kelas XI di SMAN 1 Wungu. Panduan signifikansi Spearman Rank adalah sebagai berikut: bila P value < α (0,05), maka keputusan hasil uji statistik dengan membandingkan nilai P (p-value) dan nilai α (0,05) adalah negatif. Ini berarti bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara bullying dan kepercayaan diri pada siswa kelas XI di SMAN 1 Wungu. Dalam kesimpulan, hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara bullying dan kepercayaan diri pada siswa kelas XI di SMAN 1 Wungu. Hal ini menunjukkan pentingnya mengatasi masalah bullying di sekolah agar dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa.