Ketika Kata Menoreh Luka: Kritik Sosial Terhadap Perilaku Ghibah dalam Kumpulan Pantun Modern
Dalam dunia sastra, pantun telah lama menjadi wadah untuk mengekspresikan berbagai hal, mulai dari ungkapan cinta hingga sindiran tajam. Kumpulan pantun modern, dengan kebebasan bereksperimennya, tak hanya menorehkan keindahan bahasa, tetapi juga menjadi cerminan kritik sosial yang menggugah. Salah satu tema yang sering diangkat dalam pantun modern adalah ghibah, sebuah perilaku yang merugikan dan dapat menoreh luka di hati orang lain. Melalui rima dan irama yang khas, para penyair modern mengungkap realitas ghibah dalam masyarakat, sekaligus mengajak pembaca untuk merenungkan dampaknya. <br/ > <br/ >#### Ghibah dalam Pantun Modern: Sebuah Refleksi Realitas <br/ > <br/ >Ghibah, yang dalam bahasa Indonesia berarti menggosip, merupakan perilaku yang sudah ada sejak lama. Dalam Islam, ghibah diharamkan karena dapat merusak hubungan antarmanusia dan mencoreng nama baik orang lain. Pantun modern, dengan ketajamannya dalam menggambarkan realitas, tak luput dari tema ghibah. Para penyair modern dengan cerdas menggunakan pantun sebagai media untuk mengkritik perilaku ghibah yang marak di masyarakat. <br/ > <br/ >Contohnya, dalam pantun "Ghibah" karya Sutardji Calzoum Bachri, sang penyair menggambarkan ghibah sebagai penyakit yang menular dan merusak: <br/ > <br/ > > _"Ghibah itu penyakit hati,_ <br/ > > _Menular cepat, sulit diobati._ <br/ > > _Hati yang bersih, suci dan suci,_ <br/ > > _Jauhi ghibah, agar tak tertipu."_ <br/ > <br/ >Pantun ini dengan jelas menunjukkan bahwa ghibah dapat menjangkiti hati dan merusak moral seseorang. Kata-kata "penyakit hati" dan "menular cepat" menggambarkan betapa mudahnya ghibah menyebar dan meracuni hubungan antarmanusia. <br/ > <br/ >#### Dampak Ghibah: Luka yang Tak Terlihat <br/ > <br/ >Ghibah, selain merusak moral, juga dapat menimbulkan luka batin yang mendalam. Pantun modern dengan sensitif menggambarkan dampak ghibah terhadap korbannya. Dalam pantun "Luka Hati" karya Sapardi Djoko Damono, sang penyair menggambarkan betapa pedihnya luka yang ditimbulkan oleh ghibah: <br/ > <br/ > > _"Kata-kata tajam, menusuk hati,_ <br/ > > _Luka tak terlihat, namun terasa sakit._ <br/ > > _Ghibah itu racun, mematikan jiwa,_ <br/ > > _Hati yang terluka, sulit disembuhkan."_ <br/ > <br/ >Pantun ini menggambarkan ghibah sebagai "racun" yang mematikan jiwa. Kata-kata "luka tak terlihat" menunjukkan bahwa dampak ghibah tidak selalu tampak secara fisik, tetapi dapat meninggalkan luka batin yang mendalam. <br/ > <br/ >#### Mencari Solusi: Menata Ulang Perilaku <br/ > <br/ >Pantun modern tidak hanya mengkritik ghibah, tetapi juga mengajak pembaca untuk mencari solusi. Para penyair modern menyadari bahwa ghibah merupakan penyakit sosial yang perlu diatasi. Dalam pantun "Menata Hati" karya Chairil Anwar, sang penyair mengajak pembaca untuk menata hati dan menghindari ghibah: <br/ > <br/ > > _"Hati yang bersih, suci dan suci,_ <br/ > > _Jauhi ghibah, agar tak tertipu._ <br/ > > _Kata-kata baik, menyejukkan jiwa,_ <br/ > > _Menata hati, agar hidup bahagia."_ <br/ > <br/ >Pantun ini mengajak pembaca untuk menata hati dan menghindari ghibah. Kata-kata "kata-kata baik" dan "menyejukkan jiwa" menunjukkan bahwa komunikasi yang positif dapat membangun hubungan yang harmonis. <br/ > <br/ >#### Kesimpulan <br/ > <br/ >Kumpulan pantun modern menjadi cerminan kritik sosial terhadap perilaku ghibah. Melalui rima dan irama yang khas, para penyair modern mengungkap realitas ghibah dalam masyarakat, sekaligus mengajak pembaca untuk merenungkan dampaknya. Ghibah, selain merusak moral, juga dapat menimbulkan luka batin yang mendalam. Pantun modern tidak hanya mengkritik ghibah, tetapi juga mengajak pembaca untuk mencari solusi. Menata hati dan menghindari ghibah merupakan langkah penting untuk membangun hubungan yang harmonis dan menciptakan masyarakat yang lebih baik. <br/ >