Keunggulan Pembelajaran Tematik dalam Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016

4
(352 votes)

Pembelajaran terpadu "Tematic" merupakan pendekatan yang efektif dalam pembelajaran di tingkat sekolah dasar. Pendekatan ini mengintegrasikan berbagai kompetensi dari berbagai mata pelajaran ke dalam suatu tema, sehingga siswa dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan secara utuh. Dalam pembelajaran tematik, tema-tema yang ada dibagi menjadi beberapa subtema yang kemudian dijabarkan dalam bentuk rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Metode pembelajarannya pun menggunakan sistem pembelajaran saintifik. Salah satu keunggulan pembelajaran tematik adalah pengintegrasian kompetensi dari berbagai mata pelajaran. Dengan adanya pengintegrasian ini, siswa dapat melihat hubungan antara berbagai konsep dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, dalam tema "Pahlawanku", siswa dapat mempelajari tentang sejarah pahlawan nasional, nilai-nilai kepahlawanan, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini membuat pembelajaran menjadi lebih bermakna bagi siswa. Selain itu, pembelajaran tematik juga memberikan kebebasan kepada guru dalam mengembangkan materi pembelajaran. Guru dapat menggunakan berbagai sumber daya dan metode pembelajaran yang sesuai dengan tema yang sedang dipelajari. Misalnya, dalam tema "Alam Semesta", guru dapat mengajak siswa untuk melakukan observasi di luar kelas, mengunjungi planetarium, atau menggunakan media interaktif untuk memahami konsep tentang alam semesta. Hal ini membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan bagi siswa. Buku tematik juga dilengkapi dengan pemetaan kompetensi dasar, yang memudahkan guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar di sekolah. Pemetaan ini memungkinkan guru untuk melihat keterkaitan antara kompetensi dari berbagai mata pelajaran dengan tema yang sedang dipelajari. Dengan demikian, guru dapat merencanakan pembelajaran yang terintegrasi dan terarah. Dalam rangka meningkatkan kualitas buku tematik, kami mengharapkan adanya kritik dan saran dari para pengguna. Kritik dan saran tersebut akan menjadi masukan berharga bagi kami dalam melakukan perbaikan dan peningkatan kualitas buku ini. Semoga buku tematik ini dapat terus bermanfaat bagi perkembangan proses pendidikan di Indonesia. Dengan pembelajaran tematik dalam Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016, siswa dapat memperoleh pembelajaran yang bermakna, terintegrasi, dan menyenangkan. Pembelajaran tematik memberikan kebebasan kepada guru dalam mengembangkan materi pembelajaran dan memudahkan guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Semoga pembelajaran tematik terus berkembang dan memberikan kontribusi positif bagi pendidikan di Indonesia.