Tata Krama, Santun, dan Rasa Malu dalam Kehidupan Sehari-hari
Pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas 1X72 SMP/MTS, siswa diajarkan untuk menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. Selain itu, mereka juga diajarkan untuk bersikap santun, percaya diri, dan berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam sekitar. Dalam kehidupan sehari-hari, siswa dituntut untuk menunjukkan perilaku yang baik, seperti disiplin, tanggung jawab, peduli, toleran, dan gotong royong. Dalam pembelajaran ini, siswa akan memahami dan menerapkan pengetahuan tentang tata krama, sopan santun, dan rasa malu. Mereka akan belajar tentang makna dan pengertian dari ketiga konsep tersebut, serta menyajikan contoh perilaku yang mencerminkan tata krama, sopan santun, dan rasa malu dalam kehidupan sehari-hari. Tata krama merupakan aturan perilaku dan adat kebiasaan manusia dalam pergaulan antarsesama. Dalam kehidupan sehari-hari, tata krama dapat diterapkan dalam berkomunikasi lisan, berkomunikasi di media sosial, bersikap, dan berpakaian. Siswa akan diajarkan untuk memahami pentingnya tata krama dalam berinteraksi dengan orang lain. Selain itu, siswa juga akan belajar tentang santun, yang merupakan sikap hormat dan berkata lemah lembut. Santun juga mencakup tingkah laku halus dan baik, serta menjaga perasaan orang lain. Siswa akan mempelajari faktor-faktor yang mempengaruhi sikap sopan dan santun, seperti keluarga, lingkungan, usia, kebiasaan, dan pemahaman agama. Dalam pembelajaran ini, siswa akan diberikan waktu selama 6 jam pelajaran (3 pertemuan) untuk memahami dan mengaplikasikan konsep tata krama, sopan santun, dan rasa malu dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan pembelajaran meliputi pemahaman konsep, keyakinan terhadap ajaran agama, menunjukkan perilaku yang baik, memahami makna, dan menyajikan contoh perilaku yang mencerminkan tata krama, sopan santun, dan rasa malu. Diharapkan melalui pembelajaran ini, siswa dapat mengembangkan karakter yang diharapkan, seperti disiplin, gemar membaca, kerja keras, rasa ingin tahu, religius, dan tanggung jawab. Pembelajaran ini juga diharapkan dapat membantu siswa dalam berinteraksi dengan lingkungan sosial dan alam sekitar secara positif. Dalam materi pembelajaran, siswa akan mempelajari tentang akhlak terpuji seorang muslim, tata krama dalam kehidupan sehari-hari, dan santun sebagai sikap hormat. Materi ini akan disampaikan dalam pertemuan ke-7 hingga ke-10. Dengan memahami dan mengaplikasikan konsep tata krama, sopan santun, dan rasa malu dalam kehidupan sehari-hari, diharapkan siswa dapat menjadi individu yang memiliki perilaku yang baik dan mencerminkan ajaran agama yang dianutnya.