Kurikulum Progresif dalam Pendidikan Indonesi

3
(322 votes)

Kurikulum progresif adalah salah satu aliran pendidikan yang menekankan pada pengembangan potensi siswa secara holistik. Dalam kurikulum ini, siswa dianggap sebagai subjek belajar yang aktif dan diberikan kebebasan untuk mengembangkan minat dan bakat mereka. Pendidikan tidak hanya berfokus pada penguasaan pengetahuan akademik, tetapi juga pada pengembangan keterampilan sosial, kreativitas, dan pemecahan masalah. Kurikulum progresif pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada masa Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Ki Hajar Dewantara. Beliau adalah seorang pendidik yang sangat berpengaruh dan visioner. Pada masa itu, kurikulum progresif dianggap sebagai solusi untuk mengatasi kelemahan kurikulum tradisional yang terlalu fokus pada hafalan dan kurang memperhatikan perkembangan individu siswa. Dalam kurikulum progresif, pembelajaran dilakukan melalui pendekatan tematik dan proyek. Siswa diajak untuk aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran, dengan mengajukan pertanyaan, melakukan penelitian, dan berkolaborasi dengan teman sekelas. Kurikulum ini juga menekankan pada pengembangan keterampilan berpikir kritis, kreativitas, dan kemampuan berkomunikasi. Salah satu keunggulan kurikulum progresif adalah adanya fleksibilitas dalam penentuan materi pembelajaran. Guru memiliki kebebasan untuk menyesuaikan materi dengan kebutuhan dan minat siswa. Hal ini memungkinkan siswa untuk belajar dengan lebih menyenangkan dan relevan dengan kehidupan sehari-hari. Namun, implementasi kurikulum progresif juga memiliki tantangan tersendiri. Dibutuhkan guru yang terlatih dan memiliki pemahaman yang mendalam tentang pendekatan ini. Selain itu, kurikulum progresif juga membutuhkan sumber daya yang memadai, baik dalam hal fasilitas maupun bahan ajar. Oleh karena itu, perlu adanya dukungan yang kuat dari pemerintah dan masyarakat untuk menerapkan kurikulum progresif secara efektif. Secara keseluruhan, kurikulum progresif merupakan salah satu alternatif yang menarik dalam pendidikan Indonesia. Dengan pendekatan yang lebih holistik dan berpusat pada siswa, diharapkan siswa dapat mengembangkan potensi mereka secara optimal. Namun, perlu diingat bahwa implementasi kurikulum progresif membutuhkan kerjasama dan komitmen dari semua pihak terkait.