Meningkatkan Pencapaian Pembelajaran Sistem Pencernaan Melalui Rencana Perbaikan Tindakan Kelas

3
(312 votes)

Bu Manda telah melakukan serangkaian kegiatan penting selama proses pembelajaran tentang sistem pencernaan manusia. Namun, terdapat beberapa aspek positif dan negatif yang perlu diidentifikasi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran.

1. Identifikasi Empat Kegiatan Penting Selama Proses Pembelajaran yang Dikelola Bu Manda:

a. Positif:

- Penggunaan media gambar organ-organ pencernaan membantu visualisasi siswa.

- Interaksi tanya jawab memperkuat pemahaman siswa tentang nama-nama organ pencernaan.

b. Negatif:

- Evaluasi hasil belajar menunjukkan bahwa hanya sedikit siswa yang mencapai nilai 75 ke atas.

- Kurangnya keterlibatan aktif semua siswa dalam diskusi kelompok.

2. Cara Mengatasi Masalah Gagalnya Pencapaian Pembelajaran yang Dikelola Bu Manda melalui Rencana Perbaikan Tindakan Kelas (PTK):

a. Identifikasi Masalah: rendahnya capaian hasil belajar pada materi sistem pencernaan manusia.

b. Analisis Masalah: kurangnya pemahaman menyeluruh siswa terhadap fungsi masing-masing organ pencernaan serta kurangnya keterlibatan aktif seluruh siswa dalam proses pembelajaran.

c. Rumusan Masalah: Bagaimana meningkatkan pemahaman dan partisipasi aktif seluruh siswa dalam mempelajari sistem pencernaan manusia?

d. Tujuan Perbaikan: Meningkatkan persentase nilai di atas 75% dari jumlah keseluruhan murid setelah penerapan rencana perbaikan.

e. Langkah-langkah Perbaikan:

i) Kegiatan Awal:

- Apersepsi lebih mendalam mengenai pentingnya mempelajari sistem pencernaan manusia untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

- Menyampaikan tujuan pembelajaran dengan jelas agar semua siswa memiliki ekspektasi yang sama.

ii) Inti Pembelajaran:

- Memperkenalkan model torso anatomi manusia sebagai alat visualisasi interaktif bagi semua siswa.

- Mengadakan sesi diskusi kelompok dengan topik tertentu sebelum presentasi LKS untuk mendorong partisipasi aktif semua anggota kelompok.

iii) Kegiatan Penutup:

- Evaluasi formatif berkelanjutan untuk memantau perkembangan pemahaman setiap individu secara berkala.

- Memberikan umpan balik konstruktif kepada setiap kelompok sehingga mereka dapat merasa termotivasi untuk meningkatkan kolaborasinya.

Dengan implementasi rencana perbaikan ini, diharapkan akan terjadi peningkatan signifikan dalam capaian hasil belajar sistim pencernaan pada murid-murid kelas V SD Bu Manda menjadi lebih optimal dan memberdayakan potensi belajar mereka secara maksimal sesuai target yang ditetapkan oleh guru tersebut sebelumnya