Bagaimana Empat Konsep Dasar Kognitif Piaget Membentuk Cara Berpikir Anak?

4
(314 votes)

Sensorimotor Stage: Membangun Fondasi

Tahap perkembangan kognitif pertama Piaget, yang berlangsung dari lahir hingga sekitar usia dua tahun, dikenal sebagai tahap sensorimotor. Pada tahap ini, bayi belajar tentang dunia melalui pengalaman inderawi dan tindakan fisik mereka. Mereka menyentuh, merasakan, melihat, mendengar, dan mencium untuk memahami lingkungan mereka. Kemampuan kognitif utama yang muncul selama tahap ini adalah perkembangan permanen objek, pemahaman bahwa objek terus ada meskipun tidak terlihat. Awalnya, bayi tidak memahami bahwa mainan yang tersembunyi di balik selimut masih ada. Namun, seiring perkembangan mereka, mereka belajar bahwa objek terus ada meskipun mereka tidak dapat melihatnya, menunjukkan kemajuan dalam perkembangan kognitif mereka.

Tahap Praoperasional: Munculnya Simbolisme

Sekitar usia dua tahun, anak memasuki tahap praoperasional, yang berlangsung hingga sekitar usia tujuh tahun. Tahap ini ditandai dengan perkembangan representasi simbolis, seperti bahasa dan bermain pura-pura. Anak-anak mulai menggunakan kata-kata untuk mewakili objek dan pikiran, dan mereka terlibat dalam permainan imajinatif, menggunakan objek untuk melambangkan sesuatu yang lain, seperti berpura-pura bahwa sapu adalah kuda. Pemikiran pada tahap ini masih egosentris, artinya anak-anak kesulitan untuk melihat sesuatu dari sudut pandang orang lain. Mereka juga menunjukkan keadilan imanen, percaya bahwa konsekuensi negatif selalu merupakan hasil dari perbuatan buruk, terlepas dari niat.

Tahap Operasional Konkret: Berpikir Logis

Dari usia tujuh hingga sekitar sebelas tahun, anak mengalami tahap operasional konkret. Selama tahap ini, anak mengembangkan kemampuan untuk berpikir secara logis tentang objek dan peristiwa konkret. Mereka memahami konsep kekekalan, menyadari bahwa sifat-sifat tertentu suatu objek tetap sama meskipun penampilannya berubah. Misalnya, mereka memahami bahwa jumlah air dalam gelas tetap sama meskipun dituangkan ke dalam wadah dengan bentuk berbeda. Anak-anak pada tahap ini juga mengembangkan kemampuan untuk mengklasifikasikan dan mengurutkan objek berdasarkan karakteristik yang berbeda. Namun, pemikiran abstrak dan penalaran hipotetis masih berada di luar jangkauan mereka.

Tahap Operasional Formal: Pemikiran Abstrak Muncul

Tahap terakhir perkembangan kognitif Piaget, tahap operasional formal, dimulai sekitar usia sebelas tahun dan berlanjut hingga dewasa. Tahap ini ditandai dengan munculnya pemikiran abstrak dan penalaran hipotetis. Remaja dapat berpikir tentang konsep-konsep abstrak, seperti keadilan dan kebebasan, dan mereka dapat terlibat dalam penalaran deduktif, menarik kesimpulan logis dari premis-premis yang diberikan. Mereka juga dapat berpikir secara sistematis tentang kemungkinan-kemungkinan dan menghasilkan solusi alternatif untuk masalah.

Teori tahapan perkembangan kognitif Piaget telah memberikan kerangka kerja yang berharga untuk memahami bagaimana anak-anak belajar dan berpikir. Dengan mengidentifikasi tahapan yang berbeda yang dilalui anak-anak, Piaget menyoroti perubahan kualitatif dalam pemikiran mereka seiring bertambahnya usia. Sementara teori tersebut telah menghadapi kritik karena meremehkan kemampuan anak-anak kecil dan mengabaikan pengaruh faktor-faktor sosial budaya, teori tersebut tetap menjadi tonggak dalam bidang psikologi perkembangan. Pemahaman tentang tahapan kognitif Piaget dapat membantu pendidik, orang tua, dan pengasuh untuk menciptakan pengalaman belajar yang sesuai dengan usia dan mendukung perkembangan kognitif anak.