Mengidentifikasi Masalah dalam PTK: Contoh Fokus

4
(218 votes)

Dalam konteks Pendidikan Teknik dan Kewirausahaan (PTK), mengidentifikasi masalah adalah keterampilan penting yang harus dimiliki oleh siswa. Dalam Modul 2, Kegiatan Belajar 1 membahas topik mengidentifikasi masalah dalam PTK. Dalam sesi ini, kita akan berbagi dua contoh fokus dalam PTK yang dapat membantu siswa mengidentifikasi masalah yang mungkin muncul dalam proyek atau kegiatan mereka. Contoh pertama adalah fokus pada desain produk. Dalam konteks PTK, siswa sering diminta untuk merancang produk atau solusi untuk memecahkan masalah tertentu. Fokus pada desain produk memerlukan siswa untuk mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan pengguna, serta mempertimbangkan faktor-faktor seperti biaya, kualitas, dan keberlanjutan. Dalam hal ini, siswa harus mengidentifikasi masalah yang mungkin muncul dalam proses desain dan merancang solusi yang efektif dan efisien. Contoh kedua adalah fokus pada manajemen proyek. Dalam konteks PTK, siswa sering diminta untukola proyek atau tim kecil untuk menyelesaikan tugas tertentu. Fokus pada manajemen proyek memerlukan siswa untuk mengidentifikasi tantangan dan hambatan yang mungkin muncul dalam proses proyek, serta mengembangkan strategi untuk mengatasi mereka. Dalam hal ini, siswa harus mengidentifikasi masalah yang mungkin muncul dalam manajemen proyek dan mengembangkan solusi yang efektif dan efisien. Kesimpulannya, mengidentifikasi masalah adalah keterampilan penting dalam PTK yang harus dimiliki oleh siswa. Dengan fokus pada desain produk dan manajemen proyek, siswa dapat mengidentifikasi masalah yang mungkin muncul dalam proyek atau kegiatan mereka dan mengembangkan solusi yang efektif dan efisien.