Pembelajaran Berbasis TPACK untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SD IT Permata Hati Kecamatan Madukara Kabupaten Banjarnegar
Pendahuluan: Pembelajaran berbasis TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) telah terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan numerasi dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan pendekatan tersebut di kelas IV SD IT Permata Hati di Kecamatan Madukara, Kabupaten Banjarnegara. Bagian: ① Latar Belakang: Penelitian ini dilakukan untuk mengatasi masalah rendahnya kemampuan numerasi dan hasil belajar peserta didik di kelas IV SD IT Permata Hati. ② Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan melibatkan 30 peserta didik kelas IV. Pembelajaran berbasis TPACK dilakukan dengan mengintegrasikan teknologi, pedagogi, dan konten numerasi. ③ Hasil: Setelah menerapkan pembelajaran berbasis TPACK, terjadi peningkatan signifikan dalam kemampuan numerasi dan hasil belajar peserta didik. Rata-rata nilai peserta didik meningkat sebesar 20%. Kesimpulan: Pembelajaran berbasis TPACK efektif dalam meningkatkan kemampuan numerasi dan hasil belajar peserta didik di kelas IV SD IT Permata Hati. Pendekatan ini dapat diadopsi oleh sekolah lain untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.