Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dalam Mendeskripsikan Benda Padat dan Benda Cair Melalui Penggunaan Media Benda Konkret
Pada tahun pelajaran sebelumnya, sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep mendeskripsikan benda padat dan benda cair. Sementara itu, pada pertengahan semester I tahun pelajaran 2023-2024, ditemukan bahwa sejumlah peserta didik memiliki hasil belajar rendah pada materi tersebut. Tingkat ketuntasan klasikal pada Ulangan Harian sebelumnya hanya mencapai 42,85%. Oleh karena itu, perbaikan pembelajaran perlu dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mendeskripsikan benda padat dan benda cair pada pembelajaran IPA. Dalam rangka meningkatkan kualitas proses pembelajaran, penelitian ini dilakukan dengan menggunakan media benda konkret. Penelitian ini dilakukan selama 2 siklus dan melibatkan 14 siswa kelas III UPTD SPF SDN Karang Melok 1 Bondowoso. Indikator keberhasilan yang ditetapkan adalah 85% siswa tuntas mencapai nilai KKM 65. Data utama diperoleh melalui tes, sedangkan observasi dari kolaborator digunakan sebagai data pendukung. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada prestasi belajar siswa. Sebanyak 86% siswa berhasil mencapai tingkat ketuntasan, yang menunjukkan peningkatan sebesar 19% dari siklus sebelumnya. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media benda konkret mampu meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mendeskripsikan benda padat dan benda cair. Kata Kunci: hasil belajar, benda konkret