Pendahuluan Penelitian: Pentingnya Penggunaan Model Pembelajaran dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMA Negeri 2 Palembang
<br/ >Pendidikan matematika merupakan bagian penting dalam kurikulum sekolah, termasuk di SMA Negeri 2 Palembang. Salah satu aspek yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran matematika adalah kemampuan literasi matematika siswa, terutama dalam memahami konsep statistika. Data kelompok, histogram, dan poligon merupakan materi statistika yang memerlukan pemahaman yang baik agar siswa dapat mengaplikasikannya dengan benar. <br/ > <br/ >Menurut John Hattie, seorang ahli pendidikan, "Penggunaan model pembelajaran yang interaktif dan mendukung aktifitas siswa dapat meningkatkan pemahaman mereka terhadap konsep-konsep matematika yang kompleks." Hal ini menunjukkan betapa pentingnya peran model pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa. Dengan menerapkan model pembelajaran yang tepat, diharapkan siswa dapat lebih mudah memahami materi statistika seperti data kelompok, histogram, dan poligon. <br/ > <br/ >Dalam konteks penelitian ini, akan dikaji pengaruh penggunaan model pembelajaran terhadap kemampuan literasi matematika siswa SMA Negeri 2 Palembang, dengan fokus pada pemahaman materi statistika. Melalui penelitian ini, diharapkan dapat ditemukan metode pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa, sehingga mereka dapat menguasai konsep-konsep statistika dengan lebih baik.