Pengertian Asesmen Otentik

3
(220 votes)

Asesmen otentik adalah pendekatan dalam evaluasi yang berfokus pada penilaian terintegrasi terhadap berbagai aspek kemampuan, keterampilan, dan pengetahuan siswa. Pendekatan ini berbeda dari asesmen tradisional yang sering kali hanya mengukur pengetahuan siswa melalui tes dan ujian. Asesmen otentik menekankan pada pemahaman yang lebih dalam tentang bagaimana siswa menggunakan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam konteks yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Salah satu elemen kunci dari asesmen otentik adalah penggunaan tugas yang menantang dan bermakna. Tugas-tugas ini dirancang untuk memerlukan siswa untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam situasi yang kompleks dan nyata. Dengan demikian, asesmen otentik memberikan gambaran yang lebih lengkap tentang kemampuan siswa, termasuk kemampuan mereka untuk berpikir kritis, memecahkan masalah, dan berkomunikasi secara efektif. Selain itu, asesmen otentik juga mempertimbangkan konteks budaya, sosial, dan emosional siswa. Ini berarti bahwa asesmen tidak hanya mengukur pengetahuan akademik, tetapi juga bagaimana siswa berinteraksi dengan dunia di sekitar mereka. Dengan mempertimbangkan faktor-faktor ini, asesmen otentik memberikan gambaran yang lebih holistik tentang perkembangan siswa. Dalam konteks pendidikan, asesmen otentik dapat digunakan untuk menginformasikan pengajaran dan perencanaan pembelajaran. Dengan memahami bagaimana siswa belajar dan bagaimana mereka menggunakan pengetahuan mereka, pendidik dapat menyesuaikan metode pengajaran mereka untuk memenuhi kebutuhan siswa secara lebih efektif. Selain itu, asesmen otentik juga dapat membantu dalam mengidentifikasi area di mana siswa memerlukan dukungan tambahan atau intervensi. Secara keseluruhan, asesmen otentik adalah pendekatan yang lebih holistik dan kontekstual dalam evaluasi siswa. Dengan fokus pada kemampuan siswa untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam konteks yang bermakna, asesmen otentik memberikan gambaran yang lebih akurat tentang perkembangan siswa dan dapat membantu dalam menginformasikan pengajaran dan perencanaan pembelajaran.