Evaluasi CIPP dan Evaluasi Kirkpatrick dalam Konteks Pendidikan

4
(192 votes)

Pendahuluan: Evaluasi adalah bagian penting dari proses pembelajaran dan pengembangan. Dalam konteks pendidikan, dua pendekatan evaluasi yang sering digunakan adalah Evaluasi CIPP dan Evaluasi Kirkpatrick. Artikel ini akan membahas perbedaan dan kegunaan kedua pendekatan tersebut. Bagian: ① Bagian pertama: Evaluasi CIPP Evaluasi CIPP adalah singkatan dari Context, Input, Process, dan Product. Pendekatan ini fokus pada evaluasi yang komprehensif dan menyeluruh terhadap program atau kegiatan pendidikan. Evaluasi CIPP melibatkan analisis konteks, input yang diberikan, proses yang dilakukan, dan produk yang dihasilkan. Pendekatan ini membantu dalam memahami efektivitas program pendidikan dan memberikan masukan untuk perbaikan. ② Bagian kedua: Evaluasi Kirkpatrick Evaluasi Kirkpatrick adalah pendekatan evaluasi yang terdiri dari empat tingkat. Tingkat pertama adalah reaksi, yang mengukur tanggapan peserta terhadap program pendidikan. Tingkat kedua adalah pembelajaran, yang mengukur sejauh mana peserta memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru. Tingkat ketiga adalah perilaku, yang mengukur perubahan perilaku peserta setelah mengikuti program. Tingkat keempat adalah hasil, yang mengukur dampak jangka panjang dari program pendidikan. Pendekatan ini membantu dalam mengevaluasi efektivitas program pendidikan dan mengidentifikasi area perbaikan. ③ Bagian ketiga: Perbedaan dan Kegunaan Perbedaan utama antara Evaluasi CIPP dan Evaluasi Kirkpatrick terletak pada pendekatan dan fokusnya. Evaluasi CIPP lebih berfokus pada evaluasi program secara menyeluruh, sementara Evaluasi Kirkpatrick lebih berfokus pada evaluasi tingkat reaksi, pembelajaran, perilaku, dan hasil. Keduanya memiliki kegunaan yang berbeda dalam konteks pendidikan. Evaluasi CIPP membantu dalam memahami efektivitas program secara menyeluruh dan memberikan masukan untuk perbaikan. Evaluasi Kirkpatrick membantu dalam mengukur dampak program pendidikan pada peserta dan mengidentifikasi area perbaikan. Kesimpulan: Evaluasi CIPP dan Evaluasi Kirkpatrick adalah dua pendekatan evaluasi yang berbeda dalam konteks pendidikan. Keduanya memiliki kegunaan yang berbeda dan dapat membantu dalam meningkatkan efektivitas program pendidikan. Penting untuk memilih pendekatan evaluasi yang sesuai dengan tujuan dan kebutuhan program pendidikan.