Menerapkan Teori Belajar Bruner dalam Pembelajaran Bilangan di Sekolah Dasar

4
(212 votes)

Pendahuluan: Artikel ini akan membahas penerapan teori belajar Bruner dalam pembelajaran bilangan di sekolah dasar, dengan fokus pada tahap enaktif, ikonik, dan simbolik dalam kegiatan inti. Bagian 1: Tahap Enaktif Di tahap enaktif, siswa terlibat secara langsung dalam kegiatan praktis. Guru memimpin kegiatan seperti menghitung benda-benda di kelas atau memainkan permainan bilangan. Siswa berinteraksi dengan materi secara langsung, memungkinkan mereka untuk merasakan dan mengalami konsep bilangan. Bagian 2: Tahap Ikonik Di tahap ikonik, siswa menggunakan gambar atau simbol untuk mewakili konsep bilangan. Guru dapat menggunakan bantuan visual seperti diagram, grafik, atau gambar untuk membantu siswa memahami konsep bilangan. Siswa dapat mengidentifikasi dan mengklasifikasikan bilangan berdasarkan representasi visual ini. Bagian 3: Tahap Simbolik Di tahap simbolik, siswa menggunakan simbol abstrak untuk mewakili konsep bilangan. Guru dapat memperkenalkan konsep matematika seperti notasi angka, simbol operasi, atau persamaan matematika. Siswa belajar untuk memahami dan menerapkan konsep bilangan dengan menggunakan simbol-simbol ini. Kesimpulan: Dengan menerapkan teori belajar Bruner dalam pembelajaran bilangan di sekolah dasar, guru dapat membantu siswa memahami konsep bilangan melalui tahap enaktif, ikonik, dan simbolik. Pendekatan ini memungkinkan siswa untuk merasakan, mengidentifikasi, dan memahami konsep bilangan secara abstrak, sehingga meningkatkan pemahaman mereka dan kemampuan untuk menerapkan konsep tersebut dalam berbagai situasi.