Bagaimana Kurikulum Merdeka Mempengaruhi Pemahaman Siswa Kelas 10 tentang Nilai-Nilai Islam?

4
(302 votes)

Kurikulum Merdeka memberikan ruang bagi siswa untuk lebih leluasa dalam belajar, termasuk dalam memahami nilai-nilai Islam. Penerapan kurikulum ini di kelas 10 menandai babak baru dalam pendidikan agama Islam di Indonesia. Pertanyaannya, bagaimana Kurikulum Merdeka, dengan segala fleksibilitasnya, dapat membentuk pemahaman siswa terhadap nilai-nilai luhur agama Islam?

Menumbuhkan Pemahaman yang Mendalam

Kurikulum Merdeka mendorong pembelajaran yang berpusat pada siswa. Dalam konteks pendidikan agama Islam, pendekatan ini memungkinkan siswa kelas 10 untuk menggali nilai-nilai Islam secara lebih personal dan kontekstual. Mereka tidak hanya menghafal, tetapi juga diajak untuk merenung, berdiskusi, dan menemukan relevansi nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari. Proses pembelajaran yang partisipatif ini membantu menumbuhkan pemahaman yang lebih mendalam dan bermakna.

Membentuk Karakter Islami yang Holistik

Fleksibilitas Kurikulum Merdeka memberikan peluang untuk mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam berbagai mata pelajaran. Pembelajaran tidak lagi terkotak-kotak, sehingga siswa dapat melihat keterkaitan antara nilai-nilai Islam dengan ilmu pengetahuan, sosial, budaya, dan aspek kehidupan lainnya. Pendekatan holistik ini berperan penting dalam membentuk karakter Islami siswa kelas 10 yang utuh dan seimbang.

Menghidupkan Nilai-Nilai Islam dalam Kehidupan Sehari-hari

Kurikulum Merdeka menekankan pentingnya penerapan nilai-nilai Islam dalam kehidupan nyata. Melalui proyek-proyek sosial, kegiatan keagamaan, dan interaksi sosial di sekolah, siswa kelas 10 didorong untuk mengaplikasikan nilai-nilai Islam yang telah dipelajari. Pengalaman langsung ini membantu mereka menginternalisasi nilai-nilai Islam sebagai pedoman hidup dan membentuk pribadi yang berakhlak mulia.

Memupuk Sikap Toleransi dan Moderasi Beragama

Dalam era globalisasi, pemahaman tentang toleransi dan moderasi beragama menjadi sangat penting. Kurikulum Merdeka memberikan ruang bagi siswa kelas 10 untuk mempelajari keberagaman agama dan budaya di Indonesia. Melalui dialog antarumat beragama, kunjungan ke tempat ibadah, dan kajian tentang kerukunan umat beragama, siswa diajak untuk mengembangkan sikap saling menghormati, toleran, dan moderat dalam beragama.

Kurikulum Merdeka membawa angin segar bagi pendidikan agama Islam di Indonesia. Penerapannya di kelas 10 membuka peluang besar untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang nilai-nilai Islam. Melalui pendekatan yang berpusat pada siswa, pembelajaran holistik, penekanan pada penerapan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari, dan penanaman sikap toleransi dan moderasi beragama, Kurikulum Merdeka diharapkan dapat membentuk generasi muda Muslim yang berakhlak mulia, berwawasan luas, dan mampu berkontribusi positif bagi bangsa dan negara.