Menjelajahi Jejak Sejarah: Pendekatan Kontekstual dalam Kurikulum Merdeka untuk Kelas 10

4
(242 votes)

Sejarah, lebih dari sekadar rentetan tanggal dan nama, adalah jendela untuk memahami perjalanan manusia dan peradaban. Pendekatan kontekstual dalam kurikulum merdeka untuk kelas 10 mengajak siswa untuk menjelajahi jejak sejarah dengan cara yang lebih bermakna dan relevan. Melalui pendekatan ini, siswa diajak untuk tidak hanya menghafal fakta, tetapi juga memahami konteks di balik setiap peristiwa, menghubungkannya dengan kehidupan mereka saat ini, dan menjadikannya sebagai cermin untuk masa depan.

Memahami Konteks: Kunci Menguak Makna Sejarah

Pendekatan kontekstual dalam pembelajaran sejarah menekankan pentingnya memahami konteks di balik setiap peristiwa. Konteks meliputi latar belakang sosial, politik, ekonomi, dan budaya yang melingkupi suatu peristiwa sejarah. Memahami konteks membantu siswa untuk melihat sejarah sebagai suatu proses yang dinamis dan kompleks, bukan hanya sebagai kumpulan fakta yang statis.

Misalnya, ketika mempelajari tentang proklamasi kemerdekaan Indonesia, siswa tidak hanya diajarkan tentang tanggal dan tokoh-tokoh yang terlibat. Melalui pendekatan kontekstual, siswa diajak untuk memahami kondisi sosial-politik pada masa itu, perjuangan para pahlawan, serta nilai-nilai yang mendasari proklamasi kemerdekaan. Dengan demikian, siswa dapat memahami makna proklamasi kemerdekaan secara lebih holistik dan mendalam.

Menghubungkan Masa Lalu dengan Masa Kini

Salah satu keunggulan pendekatan kontekstual adalah kemampuannya untuk menjembatani kesenjangan antara masa lalu dan masa kini. Siswa diajak untuk melihat relevansi peristiwa sejarah dengan kehidupan mereka saat ini.

Pembelajaran tentang kerajaan-kerajaan di Indonesia, misalnya, tidak hanya berkutat pada nama raja dan silsilah kerajaan. Siswa diajak untuk menelusuri nilai-nilai luhur, kearifan lokal, dan sistem pemerintahan yang diterapkan pada masa kerajaan. Hal ini dapat menjadi inspirasi bagi siswa untuk membangun bangsa dan negara di masa kini.

Sejarah sebagai Cermin untuk Masa Depan

Pendekatan kontekstual dalam kurikulum merdeka mendorong siswa untuk menjadikan sejarah sebagai cermin untuk masa depan. Dengan mempelajari kesalahan dan keberhasilan di masa lampau, siswa dapat mengambil pelajaran berharga untuk menghadapi tantangan di masa depan.

Misalnya, dengan mempelajari sejarah kelam penjajahan, siswa dapat memahami pentingnya persatuan, nasionalisme, dan semangat gotong royong dalam membangun bangsa. Pembelajaran sejarah juga dapat menumbuhkan sikap kritis dan reflektif dalam menghadapi berbagai isu sosial dan politik di masa kini.

Pendekatan kontekstual dalam kurikulum merdeka untuk kelas 10 membuka jalan bagi siswa untuk menjelajahi jejak sejarah dengan cara yang lebih menarik, bermakna, dan relevan. Melalui pendekatan ini, siswa tidak hanya diajak untuk menjadi penikmat sejarah, tetapi juga menjadikannya sebagai inspirasi untuk membangun masa depan yang lebih baik.