Analisis Distribusi Frekuensi dan Nilai Mean pada Data Tabel

4
(238 votes)

Dalam artikel ini, kita akan menganalisis distribusi frekuensi dan nilai mean dari data yang terdapat pada tabel yang diberikan. Tabel tersebut menunjukkan distribusi frekuensi dari skor siswa dalam suatu ujian. Tujuan dari analisis ini adalah untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana skor siswa terdistribusi dan nilai mean dari data tersebut. Dalam tabel, terdapat enam rentang skor yang berbeda, yaitu 56-60, 61-65, 66-70, 71-75, 76-80, dan 81-85. Setiap rentang skor memiliki frekuensi yang berbeda, yang menunjukkan berapa banyak siswa yang memperoleh skor dalam rentang tersebut. Misalnya, terdapat 12 siswa yang memperoleh skor antara 56-60, 15 siswa yang memperoleh skor antara 61-65, dan seterusnya. Untuk menghitung nilai mean dari data tersebut, kita perlu mengalikan setiap skor dengan frekuensinya, menjumlahkannya, dan kemudian membaginya dengan jumlah total frekuensi. Dalam hal ini, kita akan mengalikan skor 56-60 dengan frekuensi 12, skor 61-65 dengan frekuensi 15, dan seterusnya. Setelah itu, kita akan menjumlahkan hasil perkalian tersebut dan membaginya dengan jumlah total frekuensi, yaitu 100. Setelah melakukan perhitungan tersebut, kita akan mendapatkan nilai mean dari data pada tabel. Nilai mean adalah 69,82. Ini berarti rata-rata skor siswa dalam ujian tersebut adalah 69,82. Dengan mengetahui distribusi frekuensi dan nilai mean dari data pada tabel, kita dapat memahami bagaimana skor siswa terdistribusi dan rata-rata skor siswa dalam ujian tersebut. Analisis ini dapat memberikan wawasan yang berguna dalam mengevaluasi kinerja siswa dan mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan. Dalam kesimpulan, analisis distribusi frekuensi dan nilai mean pada data tabel menunjukkan bahwa skor siswa dalam ujian tersebut terdistribusi dengan beragam. Nilai mean dari data tersebut adalah 69,82. Analisis ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang kinerja siswa dan dapat digunakan sebagai dasar untuk meningkatkan pembelajaran di masa mendatang.