Memahami Perbedaan Penilaian Acuan Norma (PAN) dan Penilaian Acuan Patokan (PAP)
<br/ >Penilaian acuan norma (PAN) dan penilaian acuan patokan (PAP) adalah dua metode yang digunakan untuk mengevaluasi kinerja siswa. Meskipun keduanya memiliki tujuan yang sama, ada beberapa perbedaan kunci di antara keduanya. <br/ >PAN adalah metode penilaian yang menggunakan standar atau norma yang telah ditetapkan untuk mengevaluasi kinerja siswa. Ini berarti bahwa kinerja siswa dibandingkan dengan kinerja siswa lain di kelas yang sama, dan nilai mereka didasarkan pada perbandingan ini. Contoh dari PAN adalah menilai keterampilan membaca siswa dengan membandingkannya dengan keterampilan membaca siswa lain di kelas yang sama. <br/ >PAP, di sisi lain, adalah metode penilaian yang menggunakan standar atau patokan yang telah ditetapkan untuk mengevaluasi kinerja siswa. Ini berarti bahwa kinerja siswa dibandingkan dengan standar atau patokan yang telah ditetapkan, dan nilai mereka didasarkan pada perbandingan ini. Contoh dari PAP adalah menilai keterampilan matematika siswa dengan membandingkannya dengan standar atau patokan yang telah ditetapkan. <br/ >Perbedaan utama antara PAN dan PAP adalah bahwa PAN membandingkan kinerja siswa dengan kelas yang sama, sedangkan PAP membandingkan kinerja siswa dengan standar atau patokan yang telah ditetapkan. Ini berarti bahwa PAP dapat lebih objektif dan adil, karena tidak dipengaruhi oleh faktor seperti kelas atau kelompok siswa. <br/ >Dalam konteks penyakit menular dan tidak menular, perbedaan utama antara keduanya adalah bahwa penyakit menular dapat menyebar dari satu orang ke orang lain, sedangkan penyakit tidak menular tidak dapat menyebar dari satu orang ke orang lain. Ini berarti bahwa penyakit menular dapat lebih berbahaya, karena mereka dapat menyebar dengan cepat dan menyebabkan kerusakan yang lebih besar pada individu dan komunitas. <br/ >Secara keseluruhan, PAN dan PAP adalah dua metode penilaian yang digunakan untuk mengevaluasi kinerja siswa. Meskipun keduanya memiliki tujuan yang sama, ada beberapa perbedaan kunci di antara keduanya. PAP dapat lebih objektif dan adil, karena tidak dipengaruhi oleh faktor seperti kelas atau kelompok siswa. Dalam konteks penyakit menular dan tidak menular, penyakit menular dapat lebih berbahaya, karena mereka dapat menyebar dengan cepat dan menyebabkan kerusakan yang lebih besar pada individu dan komunitas.