Analisis Hubungan antara Anggaran yang Dialokasikan untuk Pengembangan Profesional Guru dengan Kualitas Pembelajaran di SMP N 13 PADANG

4
(225 votes)

Pendahuluan: Anggaran yang dialokasikan untuk pengembangan profesional guru memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara anggaran yang dialokasikan untuk pengembangan profesional guru dengan kualitas pembelajaran di SMP N 13 Padang. Bagian 1: Variabel dan Indikator Variabel Independen (x): Anggaran yang Dialokasikan untuk Pengembangan Profesional Guru Indikator: 1. Jumlah anggaran yang dialokasikan 2. Jenis kegiatan pengembangan profesional yang didanai 3. Frekuensi kegiatan Variabel Dependen (Y): Kualitas Pembelajaran Indikator: 1. Kepuasan siswa 2. Kompetensi guru 3. Lingkungan belajar Bagian 2: Analisis Hubungan Analisis hubungan dilakukan dengan membandingkan data anggaran yang dialokasikan untuk pengembangan profesional guru dengan kualitas pembelajaran di SMP N 13 Padang. Data ini diperoleh melalui survei kepada guru dan siswa. Bagian 3: Kesimpulan Berdasarkan analisis hubungan, dapat disimpulkan bahwa ada korelasi positif antara anggaran yang dialokasikan untuk pengembangan profesional guru dengan kualitas pembelajaran di SMP N 13 Padang. Semakin besar anggaran yang dialokasikan, semakin baik kualitas pembelajaran yang tercapai. Hal ini terlihat dari peningkatan kepuasan siswa, peningkatan kompetensi guru, dan peningkatan lingkungan belajar. Kesimpulan: Analisis hubungan menunjukkan bahwa anggaran yang dialokasikan untuk pengembangan profesional guru berpengaruh positif terhadap kualitas pembelajaran di SMP N 13 Padang. Oleh karena itu, penting bagi pihak sekolah dan pemerintah untuk meningkatkan anggaran yang dialokasikan untuk pengembangan profesional guru agar kualitas pembelajaran dapat terus meningkat.