Analisis Kuartil dalam Data Tinggi Badan

4
(231 votes)

Kuartil adalah salah satu konsep penting dalam statistik yang digunakan untuk membagi data menjadi empat bagian yang sama besar. Dalam artikel ini, kita akan menganalisis kuartil ke-$1$ dari data tinggi badan yang diberikan. Data ini mencakup tinggi badan siswa dalam rentang tertentu dan kita akan melihat bagaimana kuartil ke-$1$ dapat digunakan untuk memahami distribusi tinggi badan siswa. Dalam data yang diberikan, tinggi badan siswa diukur dalam sentimeter dan dikelompokkan dalam rentang tertentu. Mari kita lihat data tersebut: a. 150-154 cm: 4 siswa b. 155-159 cm: 10 siswa c. 160-164 cm: 6 siswa d. 165-169 cm: 8 siswa e. 170-174 cm: 4 siswa f. 175-179 cm: 8 siswa Untuk menghitung kuartil ke-$1$, kita perlu mengurutkan data tinggi badan siswa dari yang terkecil hingga yang terbesar. Setelah itu, kita dapat menggunakan rumus kuartil ke-$1$ yang diberikan oleh: $Q_1 = L + \left(\frac{n}{4}\right) \times c$ Di mana $L$ adalah batas bawah kelas kuartil ke-$1$, $n$ adalah jumlah data, dan $c$ adalah lebar kelas. Dalam kasus ini, kita memiliki 40 siswa (jumlah total siswa dalam data) dan lebar kelas adalah 5 cm. Oleh karena itu, kita dapat menghitung kuartil ke-$1$ sebagai berikut: $Q_1 = 154 + \left(\frac{40}{4}\right) \times 5 = 154 + 10 \times 5 = 154 + 50 = 204$ Jadi, kuartil ke-$1$ dari data tinggi badan siswa adalah 204 cm. Ini berarti 25% siswa memiliki tinggi badan di bawah 204 cm. Dengan mengetahui kuartil ke-$1$, kita dapat memahami distribusi tinggi badan siswa dalam data ini. Kuartil ke-$1$ memberikan kita informasi tentang tinggi badan siswa yang lebih rendah dari rata-rata. Dalam hal ini, tinggi badan siswa di bawah 204 cm dapat dianggap sebagai tinggi badan yang lebih rendah dari rata-rata. Dalam kesimpulan, analisis kuartil ke-$1$ dari data tinggi badan siswa memberikan kita pemahaman tentang distribusi tinggi badan siswa dalam data ini. Dalam kasus ini, kuartil ke-$1$ adalah 204 cm, yang berarti 25% siswa memiliki tinggi badan di bawah 204 cm.