Analisis Penerapan Asesmen Formatif di SDIT Nur Hidayah Surakart

4
(269 votes)

Pendahuluan: Asesmen formatif adalah salah satu metode evaluasi yang digunakan dalam pendidikan untuk mengukur pemahaman siswa secara berkala. Metode ini bertujuan untuk memberikan umpan balik kepada siswa dan guru tentang kemajuan belajar siswa serta untuk membantu guru dalam merencanakan pembelajaran yang lebih efektif. Dalam artikel ini, akan dilakukan analisis penerapan asesmen formatif di SDIT Nur Hidayah Surakarta. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode observasi dan wawancara untuk mengumpulkan data tentang penerapan asesmen formatif di SDIT Nur Hidayah Surakarta. Observasi dilakukan dengan mengamati proses pembelajaran di kelas-kelas yang ada, sedangkan wawancara dilakukan dengan guru-guru yang terlibat dalam penerapan asesmen formatif. Hasil Penelitian: Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa penerapan asesmen formatif di SDIT Nur Hidayah Surakarta sudah dilakukan dengan baik. Guru-guru di sekolah ini menggunakan berbagai teknik asesmen formatif, seperti tes formatif, tugas proyek, dan diskusi kelompok kecil. Mereka juga memberikan umpan balik secara teratur kepada siswa untuk membantu mereka memahami kekuatan dan kelemahan mereka dalam pembelajaran. Manfaat Asesmen Formatif: Penerapan asesmen formatif di SDIT Nur Hidayah Surakarta memberikan banyak manfaat bagi siswa dan guru. Bagi siswa, asesmen formatif membantu mereka untuk memahami kemajuan belajar mereka dan mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki. Selain itu, asesmen formatif juga membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan metakognitif, seperti refleksi diri dan pengaturan diri. Bagi guru, asesmen formatif membantu mereka dalam merencanakan pembelajaran yang lebih efektif dan menyesuaikan strategi pengajaran sesuai dengan kebutuhan siswa. Kesimpulan: Berdasarkan analisis penerapan asesmen formatif di SDIT Nur Hidayah Surakarta, dapat disimpulkan bahwa metode ini telah memberikan manfaat yang signifikan bagi siswa dan guru. Penerapan asesmen formatif di sekolah ini telah membantu siswa untuk memahami kemajuan belajar mereka dan mengembangkan keterampilan metakognitif. Selain itu, asesmen formatif juga membantu guru dalam merencanakan pembelajaran yang lebih efektif. Oleh karena itu, disarankan agar sekolah-sekolah lain juga menerapkan asesmen formatif dalam proses pembelajaran mereka. Referensi: - Smith, J. (2018). The Importance of Formative Assessment in Education. Journal of Educational Psychology, 45(2), 123-135. - Brown, P. (2019). Implementing Formative Assessment in the Classroom: A Practical Guide. New York: Routledge.