Mengenal Lebih Jauh Kurikulum Berbasis Proyek dalam Konteks Kurikulum Taman Kanak-Kanak
<br/ >Kurikulum berbasis proyek (KBK) adalah pendekatan pembelajaran yang menempatkan siswa sebagai subjek aktif dalam proses belajar. Dalam konteks kurikulum taman kanak-kanak, KBK menjadi semakin relevan karena memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk belajar melalui pengalaman langsung dan proyek kolaboratif. <br/ > <br/ >Dalam KBK, guru memainkan peran sebagai fasilitator yang membimbing siswa dalam menjelajahi topik tertentu melalui proyek-proyek yang menarik dan bermakna. Hal ini tidak hanya meningkatkan pemahaman konsep, tetapi juga mengembangkan keterampilan sosial, keterampilan berpikir kritis, dan kreativitas pada anak-anak usia dini. <br/ > <br/ >Melalui implementasi KBK dalam kurikulum taman kanak-kanak, anak-anak memiliki kesempatan untuk terlibat dalam proyek-proyek seperti membuat mini taman, eksplorasi alam, atau bahkan proyek seni kolaboratif. Dengan demikian, mereka dapat belajar sambil bermain dan mengembangkan minat serta bakatnya secara alami. <br/ > <br/ >Dengan memahami konsep KBK dalam konteks kurikulum taman kanak-kanak, para pendidik dapat menciptakan lingkungan belajar yang mendukung perkembangan holistik anak-anak, sehingga mereka siap menghadapi tantangan di masa depan.