Membuat Selang Kepercayaan 95% untuk Rata-Rata Keuntungan Penjualan Jaket Merk AHA di Marketplace

4
(151 votes)

Pendahuluan: Suatu survei dilakukan untuk mengetahui rata-rata keuntungan penjualan Jaket merk AHA secara online di suatu marketplace. Dari 49 toko online penjual Jaket merk AHA yang diambil sebagai contoh acak, diketahui rata-rata keuntungannya perbulan sebesar 5 juta rupiah dan simpangan baku 1.5 juta rupiah. Bagian: ① Pengertian Selang Kepercayaan: Selang kepercayaan adalah rentang nilai yang digunakan untuk memperkirakan parameter populasi berdasarkan sampel yang diambil. ② Menghitung Selang Kepercayaan: Untuk menghitung selang kepercayaan 95% bagi rata-rata keuntungan seluruh toko online penjual Jaket merk AHA di marketplace tersebut, kita menggunakan rumus: selang kepercayaan = rata-rata sampel ± (z * (simpangan baku / akar dari jumlah sampel)), di mana z adalah z-score yang sesuai dengan tingkat kepercayaan yang diinginkan. ③ Menentukan Z-Score: Untuk tingkat kepercayaan 95%, z-score yang sesuai adalah 1.96. Kesimpulan: Dengan menggunakan rumus selang kepercayaan, kita dapat menghitung selang kepercayaan 95% bagi rata-rata keuntungan seluruh toko online penjual Jaket merk AHA di marketplace tersebut.