Perbandingan Konsili Chalcedon dan Konsili Efesus dalam Konteks Kristologi

4
(71 votes)

Pendahuluan Dalam sejarah gereja, Konsili Chalcedon dan Konsili Efesus adalah dua konsili yang sangat penting dalam pengembangan doktrin Kristologi. Kedua konsili ini membahas dan mengklarifikasi konsep inkarnasi Kristus, yang merupakan salah satu aspek sentral dalam teologi Kristen. Dalam artikel ini, kita akan membandingkan Konsili Chalcedon dan Konsili Efesus dalam konteks kristologi, dengan fokus pada perbedaan dan persamaan antara kedua konsili tersebut. Perbedaan antara Konsili Chalcedon dan Konsili Efesus Konsili Efesus, yang diadakan pada tahun 431 Masehi, bertujuan untuk menangani ajaran Nestorius, yang mengajarkan bahwa Kristus memiliki dua pribadi, yaitu pribadi ilahi dan pribadi manusia. Konsili ini menolak ajaran Nestorius dan menyatakan bahwa Kristus adalah satu pribadi dengan dua kodrat, yaitu kodrat ilahi dan kodrat manusia yang tidak terpisahkan. Di sisi lain, Konsili Chalcedon, yang diadakan pada tahun 451 Masehi, mengklarifikasi ajaran Konsili Efesus dan menetapkan bahwa Kristus memiliki dua kodrat yang sempurna, yaitu kodrat ilahi dan kodrat manusia, yang bersatu dalam satu pribadi. Konsili ini menolak ajaran Monofisitisme yang mengajarkan bahwa kodrat manusia Kristus telah diserap oleh kodrat ilahi-Nya. Persamaan antara Konsili Chalcedon dan Konsili Efesus Meskipun ada perbedaan antara kedua konsili ini, ada juga persamaan yang signifikan. Kedua konsili ini mengakui bahwa Kristus adalah pribadi yang sempurna dengan kodrat ilahi dan kodrat manusia yang tidak terpisahkan. Keduanya juga menolak ajaran yang mengajarkan bahwa Kristus memiliki dua pribadi yang terpisah atau bahwa kodrat manusia Kristus telah diserap oleh kodrat ilahi-Nya. Kesimpulan Dalam konteks kristologi, Konsili Chalcedon dan Konsili Efesus adalah dua konsili yang sangat penting dalam pengembangan doktrin inkarnasi Kristus. Kedua konsili ini membahas dan mengklarifikasi konsep inkarnasi Kristus, dengan Konsili Efesus menolak ajaran Nestorius dan Konsili Chalcedon mengklarifikasi ajaran Konsili Efesus. Meskipun ada perbedaan antara kedua konsili ini, ada juga persamaan yang signifikan dalam pengakuan bahwa Kristus adalah pribadi yang sempurna dengan kodrat ilahi dan kodrat manusia yang tidak terpisahkan.