Studi Kasus Matematika di Kelas SD: Meningkatkan Pemahaman Sisw
Studi kasus ini menguraikan bagaimana pendekatan interaktif dan praktis dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam matematika di kelas SD. Dalam studi ini, kami memeriksa efektivitas penggunaan permainan matematika dan aktivitas hands-on dalam mengajarkan konsep matematika dasar seperti penjumlahan, pengurangan, dan perkalian. Melalui observasi dan wawancara, kita menemukan bahwa siswa yang terlibat dalam aktivitas interaktif menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman konsep matematika dibandingkan dengan siswa yang hanya mengandalkan metode pengajaran tradisional. Studi ini menyoroti pentingnya pengalaman praktis dan kolaboratif dalam pembelajaran matematika, serta memberikan wawasan untuk pengembangan kurikulum dan strategi pengajaran di masa depan. Kesimpulan: Studi kasus ini menunjukkan bahwa pendekatan interaktif dan praktis dalam mengajarkan matematika di kelas SD dapat secara signifikan meningkatkan pemahaman siswa. Dengan menggabungkan permainan matematika dan aktivitas hands-on, siswa lebih terlibat dan mampu memahami konsep matematika dengan lebih baik. Studi ini memberikan wawasan berharga untuk pengembangan kurikulum dan strategi pengajaran di masa depan, serta menekankan pentingnya pengalaman praktis dan kolaboratif dalam pembelajaran matematika.