Analisis Gap dan Kebaruan dalam Penelitian tentang Pengaruh Teknologi Terhadap Pembelajaran Online
1. Pendahuluan a. Penelitian mutakhir yang telah dilakukan (the state of the art) - Menurut penelitian terbaru, teknologi telah memainkan peran penting dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran online. - Beberapa penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknologi dapat meningkatkan motivasi dan partisipasi siswa dalam pembelajaran online. b. Gap/kesenjangan antara the state of the art dengan topik penelitian Anda - Meskipun banyak penelitian telah dilakukan tentang pengaruh teknologi terhadap pembelajaran online, masih ada kekurangan dalam pemahaman tentang bagaimana teknologi dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. - Penelitian sebelumnya juga belum sepenuhnya menjelaskan bagaimana faktor-faktor kontekstual, seperti aksesibilitas teknologi dan keterampilan digital siswa, dapat mempengaruhi efektivitas penggunaan teknologi dalam pembelajaran online. c. Novelty/kebaruan topik penelitian Anda - Penelitian ini akan mengisi kesenjangan dalam penelitian sebelumnya dengan menganalisis pengaruh teknologi terhadap hasil belajar siswa dalam konteks pembelajaran online. - Penelitian ini juga akan mempertimbangkan faktor-faktor kontekstual yang dapat mempengaruhi efektivitas penggunaan teknologi dalam pembelajaran online. 2. Pertanyaan penelitian atau rumusan masalah yang berkaitan dengan kategori teori dan data - Bagaimana penggunaan teknologi dalam pembelajaran online mempengaruhi hasil belajar siswa? - Bagaimana faktor-faktor kontekstual, seperti aksesibilitas teknologi dan keterampilan digital siswa, mempengaruhi efektivitas penggunaan teknologi dalam pembelajaran online? 3. Kerangka teori: Teori utama dan yang digunakan - Teori utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Konstruktivisme yang menekankan pentingnya interaksi aktif siswa dengan materi pembelajaran. - Selain itu, penelitian ini juga akan merujuk pada teori-teori terkait lainnya, seperti Teori Motivasi dan Teori Pengembangan Teknologi Pendidikan. 4. Metode a. Prosedur, teknik, dan instrumen pengumpulan data - Penelitian ini akan menggunakan metode survei untuk mengumpulkan data dari siswa yang terlibat dalam pembelajaran online. - Instrumen yang akan digunakan adalah kuesioner yang dirancang khusus untuk mengukur persepsi siswa tentang pengaruh teknologi terhadap hasil belajar mereka. b. Prosedur, teknik, dan instrumen analisis data - Data yang dikumpulkan akan dianalisis menggunakan metode statistik deskriptif dan analisis regresi untuk mengidentifikasi hubungan antara penggunaan teknologi dan hasil belajar siswa. - Selain itu, analisis faktor juga akan dilakukan untuk mengidentifikasi faktor-faktor kontekstual yang mempengaruhi efektivitas penggunaan teknologi dalam pembelajaran online. Dengan menggunakan pendekatan ini, penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang pengaruh teknologi terhadap pembelajaran online dan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi efektivitas penggunaannya.