Bagaimana Teori Bruner Membentuk Konsep Pembelajaran Berpusat pada Siswa?

4
(241 votes)

Teori belajar Bruner, yang dikembangkan oleh psikolog Jerome Bruner, telah memberikan dampak yang signifikan terhadap pendidikan, terutama dalam membentuk konsep pembelajaran berpusat pada siswa. Teori ini menekankan peran aktif siswa dalam membangun pemahaman mereka sendiri melalui penemuan, eksplorasi, dan representasi.

Representasi dalam Pembelajaran

Bruner mengidentifikasi tiga tahap representasi pengetahuan: enaktif, ikonik, dan simbolik. Tahap enaktif melibatkan pembelajaran melalui tindakan, seperti anak kecil yang belajar tentang keseimbangan melalui bermain sepeda roda tiga. Tahap ikonik melibatkan pembelajaran melalui gambar dan representasi visual, seperti siswa yang menggunakan diagram untuk memahami struktur sel. Tahap simbolik melibatkan pembelajaran melalui bahasa dan simbol abstrak, seperti siswa yang menggunakan rumus matematika untuk memecahkan masalah. Menurut Bruner, pembelajaran harus progresif melalui tahap-tahap ini, dimulai dengan pengalaman konkret dan beralih ke representasi yang lebih abstrak.

Penemuan dalam Pembelajaran

Salah satu elemen kunci dari teori Bruner adalah penekanannya pada pembelajaran berbasis penemuan. Bruner berpendapat bahwa siswa belajar paling efektif ketika mereka secara aktif terlibat dalam proses penemuan pengetahuan. Dalam pembelajaran berbasis penemuan, siswa didorong untuk mengajukan pertanyaan mereka sendiri, mengeksplorasi ide-ide, dan menarik kesimpulan mereka sendiri, bukan hanya menerima informasi secara pasif. Pendekatan ini mendorong pemikiran kritis, pemecahan masalah, dan pembelajaran yang lebih bermakna.

Peran Guru sebagai Fasilitator

Dalam kerangka kerja Bruner, peran guru bergeser dari penyampai informasi menjadi fasilitator pembelajaran. Guru menciptakan lingkungan belajar yang merangsang yang mendorong eksplorasi, penyelidikan, dan kolaborasi. Mereka menyediakan sumber daya, bimbingan, dan dukungan yang dibutuhkan siswa untuk membangun pemahaman mereka sendiri. Guru juga membantu siswa untuk membuat koneksi antara pengetahuan sebelumnya dan pengalaman baru, memfasilitasi transfer pembelajaran.

Implementasi dalam Berbagai Konteks

Teori Bruner memiliki implikasi praktis untuk desain dan praktik pembelajaran. Ini telah mengilhami berbagai strategi pembelajaran berpusat pada siswa, seperti pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran berbasis masalah, dan pembelajaran kooperatif. Dalam pendekatan ini, siswa secara aktif terlibat dalam tugas-tugas yang bermakna, berkolaborasi dengan teman sebayat, dan mengambil tanggung jawab atas pembelajaran mereka sendiri.

Teori Bruner telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pemahaman kita tentang bagaimana siswa belajar dan bagaimana merancang lingkungan belajar yang efektif. Dengan menekankan pembelajaran aktif, penemuan, dan peran guru sebagai fasilitator, teori Bruner terus membentuk praktik pendidikan dan mempromosikan pembelajaran berpusat pada siswa.