Mengembangkan Keterampilan Menyimak dan Menulis Sisw
Pendahuluan: <br/ >Keterampilan menyimak dan menulis merupakan dua kompetensi penting yang saling terkait dalam proses pembelajaran. Artikel ini akan menganalisis contoh kegiatan yang melibatkan kedua keterampilan tersebut. <br/ > <br/ >Bagian: <br/ > <br/ >① Keterampilan Menyimak: <br/ >Contoh kegiatan yang melibatkan keterampilan menyimak adalah (1) siswa menyimak materi yang disampaikan guru, (2) siswa menyimak video cerita anak, dan (3) siswa membacakan artikel di depan kelas. Kata kunci: menyimak, mendengarkan, memperhatikan. <br/ > <br/ >② Keterampilan Menulis: <br/ >Contoh kegiatan yang melibatkan keterampilan menulis adalah (2) siswa menuliskan pesan dari cerita, (4) siswa membuat resensi cerpen, dan (5) siswa menuliskan kembali isi teks. Kata kunci: menulis, merangkum, merefleksikan. <br/ > <br/ >③ Integrasi Keterampilan: <br/ >Beberapa contoh kegiatan mengintegrasikan keterampilan menyimak dan menulis, seperti (1) siswa menyampaikan ringkasan materi secara tertulis dan (5) siswa menuliskan kembali isi teks yang telah dibaca. Kata kunci: mengintegrasikan, menghubungkan, mengaplikasikan. <br/ > <br/ >Kesimpulan: <br/ >Pengembangan keterampilan menyimak dan menulis siswa dapat dilakukan melalui berbagai kegiatan pembelajaran yang saling terkait. Guru dapat merancang aktivitas yang mendorong siswa untuk aktif terlibat dalam proses menyimak, memahami, dan menuangkan pemikirannya secara tertulis.