Kesesuaian Asesmen Formatif dalam Tahapan Perkembangan Peserta Didik
Pendahuluan: Asesmen formatif adalah alat penting dalam proses pembelajaran yang membantu guru memahami kemampuan siswa secara mendalam. <br/ > <br/ >Bagian: <br/ > <br/ >① Bagian pertama: Mengidentifikasi Tahapan Perkembangan Siswa <br/ > - Menggunakan model-model perkembangan untuk memahami tahapan perkembangan siswa <br/ > - Menciptakan asesmen formatif yang sesuai dengan tahapan perkembangan siswa <br/ > <br/ >② Bagian kedua: Memperhatikan Karakteristik Lingkungan Belajar <br/ > - Memahami lingkungan belajar dan bagaimana ini mempengaruhi asumsi tentang kemampuan siswa <br/ > - Menyesuaikan asesmen formatif untuk mencerminkan karakteristik lingkungan belajar <br/ > <br/ >③ Bagian ketiga: Menyesuaikan Dengan Kemampuan Siswa <br/ > - Memperhatikan variasi kemampuan siswa dalam kelas <br/ > - Membuat asesmen formatif yang dapat menangkap variasi kemampuan siswa <br/ > <br/ >Kesimpulan: Dengan menggunakan pendekatan yang sesuai dengan tahapan perkembangan peserta didik, karakteristik lingkungan belajar, dan kemampuan peserta didik, asesmen formatif dapat menjadi alat yang efektif dalam proses pembelajaran.