Membangun Pemahaman Konsep Keliling Bangun Datar Persegi Melalui Keterampilan Bertany

4
(122 votes)

Dalam proses pembelajaran, keterampilan bertanya merupakan modal dasar yang harus dimiliki oleh seorang guru. Keterampilan ini memainkan peran penting dalam membangun pemahaman konsep siswa. Sebagai contoh, Bu Ami, seorang guru di SDN Pasirjati, menggunakan keterampilan bertanya untuk menjelaskan konsep keliling bangun datar persegi kepada siswa kelas 4. Bu Ami memulai pembelajaran dengan mengingatkan kembali materi terkait konsep keliling bangun datar. Ia menjelaskan bahwa keliling bangun datar adalah jumlah seluruh panjang sisi pembentuk bangun datar. Untuk memastikan pemahaman siswa, Bu Ami menggunakan metode tanya jawab dan demonstrasi. Ia memberikan ilustrasi seseorang yang mengelilingi kelas berbentuk persegi sebagai contoh keliling bangun datar persegi. Selain itu, Bu Ami juga menyiapkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang berisi pertanyaan-pertanyaan dan tabel yang harus diisi siswa. Hal ini bertujuan untuk membuktikan bahwa keliling bangun datar persegi adalah 4 kali panjang sisinya. Dengan menggunakan LKPD ini, siswa dapat berpartisipasi aktif dalam pembelajaran dan memperkuat pemahaman mereka tentang konsep keliling bangun datar persegi. Dalam proses pembelajaran ini, Bu Ami menunjukkan keterampilan bertanya yang baik. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh Bu Ami dirancang untuk mendorong siswa berpikir kritis dan memperdalam pemahaman mereka tentang konsep keliling bangun datar persegi. Bu Ami juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk berbagi pemikiran mereka dan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Dengan menggunakan keterampilan bertanya yang baik, Bu Ami berhasil membangun pemahaman konsep keliling bangun datar persegi pada siswa kelas 4. Melalui metode tanya jawab, demonstrasi, dan penggunaan LKPD, siswa dapat mengerti bahwa keliling bangun datar persegi adalah 4 kali panjang sisinya. Keterampilan bertanya yang dimiliki oleh Bu Ami menjadi kunci dalam memastikan pemahaman siswa dan menciptakan pembelajaran yang interaktif dan efektif. Dalam kesimpulan, keterampilan bertanya merupakan modal dasar yang harus dimiliki oleh seorang guru. Dalam konteks pembelajaran konsep keliling bangun datar persegi, Bu Ami berhasil membangun pemahaman siswa melalui penggunaan keterampilan bertanya yang baik. Dengan metode tanya jawab, demonstrasi, dan penggunaan LKPD, siswa dapat memahami bahwa keliling bangun datar persegi adalah 4 kali panjang sisinya. Keterampilan bertanya yang baik menjadi kunci dalam menciptakan pembelajaran yang interaktif dan efektif.