Pembelajaran Terpadu dalam Pembelajaran Tema "Hewan di Sekitarku

4
(285 votes)

Pendahuluan: Bu Risa, guru kelas 1 SD "Z", melaksanakan pembelajaran Tema "Benda, Hewan, dan Tumbuhan di Sekitarku" dengan menggunakan pendekatan pembelajaran terpadu. Dalam pembelajaran ini, Bu Risa mengintegrasikan mata pelajaran Bahasa Indonesia, PPKN, dan SBDP. Tujuan pembelajaran ini adalah untuk mengajarkan siswa tentang gerak anggota tubuh kucing dan cara pemeliharaan kucing. <br/ > <br/ >Bagian: <br/ > <br/ >① Alasan Penggunaan Pendekatan Terpadu: Bu Risa menggunakan pendekatan pembelajaran terpadu karena dapat membantu siswa memahami dan mengaplikasikan pengetahuan mereka dalam berbagai mata pelajaran. Dengan mengintegrasikan Bahasa Indonesia, PPKN, dan SBDP, siswa dapat belajar tentang gerak anggota tubuh kucing dan mengidentifikasi aturan dalam kehidupan sehari-hari. <br/ > <br/ >② Media Pembelajaran: Bu Risa menggunakan teks bacaan berjudul "Kucing Peliharaanku" dan video tentang gerakan anggota tubuh kucing sebagai media pembelajaran. Melalui teks dan video ini, siswa dapat membaca dan memahami informasi tentang gerak anggota tubuh kucing. <br/ > <br/ >③ Kegiatan Pembelajaran: Bu Risa membimbing siswa untuk membaca teks "Kucing Peliharaanku" dan mengklasifikasikan kalimat yang mengungkapkan penyampaian terima kasih dan kalimat yang mengungkapkan pernyataan ajakan. Selain itu, Bu Risa memberi tugas kepada siswa untuk membuat laporan hasil pengamatan tentang gerakan anggota tubuh hewan peliharaan mereka. <br/ > <br/ >Kesimpulan: Pembelajaran terpadu yang dilakukan oleh Bu Risa dalam pembelajaran Tema "Hewan di Sekitarku" telah sesuai dengan landasan-landasan pembelajaran terpadu. Pendekatan ini membantu siswa memahami dan mengaplikasikan pengetahuan mereka dalam berbagai mata pelajaran. Melalui penggunaan media pembelajaran yang tepat dan kegiatan yang relevan, siswa dapat belajar tentang gerak anggota tubuh kucing dan mengidentifikasi aturan dalam kehidupan sehari-hari.