Screen Recording sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran: Studi Kasus pada Mahasiswa Desain Grafis

4
(187 votes)

Screen Recording: Alat Evaluasi Pembelajaran yang Efektif

Dalam era digital saat ini, teknologi telah memainkan peran penting dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Salah satu teknologi yang telah menjadi alat yang sangat berguna dalam proses pembelajaran adalah screen recording. Artikel ini akan membahas bagaimana screen recording dapat digunakan sebagai alat evaluasi pembelajaran, dengan fokus pada studi kasus mahasiswa desain grafis.

Mengapa Screen Recording?

Screen recording, atau perekaman layar, adalah teknologi yang memungkinkan pengguna untuk merekam aktivitas yang terjadi di layar komputer atau perangkat mobile mereka. Dalam konteks pendidikan, screen recording dapat digunakan oleh pengajar untuk merekam proses pembelajaran, baik itu presentasi, tutorial, atau demonstrasi. Bagi mahasiswa desain grafis, screen recording dapat menjadi alat yang sangat berharga untuk menunjukkan proses kerja mereka, dari konseptualisasi hingga realisasi.

Screen Recording dalam Evaluasi Pembelajaran

Dalam evaluasi pembelajaran, screen recording dapat digunakan untuk menilai bagaimana mahasiswa menyelesaikan tugas atau proyek. Dengan screen recording, pengajar dapat melihat bagaimana mahasiswa memecahkan masalah, membuat keputusan desain, dan menggunakan alat dan teknik tertentu. Ini memberikan pengajar wawasan yang lebih dalam tentang proses berpikir dan keterampilan mahasiswa, yang mungkin tidak terlihat hanya dari hasil akhir.

Studi Kasus: Mahasiswa Desain Grafis

Sebagai contoh, mari kita lihat bagaimana screen recording dapat digunakan dalam konteks mahasiswa desain grafis. Dalam proyek desain, mahasiswa sering diminta untuk membuat portofolio yang menunjukkan karya mereka. Namun, portofolio ini biasanya hanya menunjukkan hasil akhir, bukan proses yang mengarah ke hasil tersebut. Dengan screen recording, mahasiswa dapat merekam proses desain mereka, memberikan gambaran yang lebih lengkap tentang keterampilan dan kemampuan mereka.

Selain itu, screen recording juga dapat membantu pengajar untuk memberikan umpan balik yang lebih efektif. Dengan melihat rekaman proses desain, pengajar dapat memberikan saran dan kritik yang lebih spesifik, membantu mahasiswa untuk memperbaiki dan mengembangkan keterampilan mereka.

Kesimpulan

Screen recording telah terbukti menjadi alat yang sangat efektif dalam evaluasi pembelajaran, khususnya dalam konteks desain grafis. Dengan memungkinkan pengajar untuk melihat proses kerja mahasiswa, screen recording memberikan wawasan yang lebih dalam tentang keterampilan dan kemampuan mahasiswa. Selain itu, screen recording juga dapat membantu pengajar untuk memberikan umpan balik yang lebih spesifik dan berarti, membantu mahasiswa untuk terus belajar dan berkembang. Dengan demikian, screen recording bukan hanya alat yang berguna untuk evaluasi, tetapi juga untuk pembelajaran dan pengembangan.